Deretan Sekutu Iran dan Arab Saudi di Timur Tengah

Jum'at, 02 Februari 2024 - 15:09 WIB
loading...
A A A

3. Houthi

Houthi merupakan kelompok pemberontak yang mengeklaim sebagai pemerintah sah Yaman sekarang ini. Kelompok ini menjadi sekutu Iran, yang diduga menerima pasokan senjata dan bantuan lain dalam perang saudara Yaman.

4. Hamas dan Jihad Islam Palestina

Dua kelompok perlawanan Palestina ini mendapat dukungan Iran dalam perjuangan mereka melawan Israel.

Sekutu Arab Saudi di Timur Tengah

1. Bahrain

Bahrain telah lama dikenal menjadi sekutu Arab Saudi. Bahrain telah melakukan normalisasi hubungan dengan Israel;, yang menurut para pakar mustahil tanpa restu dari Arab Saudi.

Bahrain bagian dari Koalisi Arab pimpinan Saudi dalam perang melawan Houthi di Yaman beberapa tahun lalu.

2. Mesir

Mesir juga dikenal sebagai sekutu Arab Saudi, di mana kebijakan luar negeri mereka terkait konflik Timur Tengah selalu sejalan. Kairo menjadi bagian dari Koalisi Arab pimpinan Saudi dalam perang melawan Houthi di Yaman beberapa tahun lalu.

3. Kuwait

Kuwait merupakan sekutu Arab Saudi di Dewan Kerja Sama Teluk (GCC). Kuwait menjadi bagian dari Koalisi Arab pimpinan Saudi dalam perang melawan Houthi di Yaman beberapa tahun lalu.

4. Maroko

Maroko merupakan sekutu Arab Saudi, menjadi bagian dari Koalisi Arab pimpinan Saudi dalam perang melawan Houthi di Yaman beberapa tahun lalu.

5. Sudan

Sudan merupakan sekutu Arab Saudi, menjadi bagian dari Koalisi Arab pimpinan Saudi dalam perang melawan Houthi di Yaman beberapa tahun lalu.

6. Uni Emirat Arab

Uni Emirat Arab merupakan sekutu Arab Saudi, di mana kebijakan luar negeri kedua negara kerap sejalan. Uni Emirat Arab telah melakukan normalisasi dengan Israel, yang menurut para pakar mustahil tanpa restu dari Riyadh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1364 seconds (0.1#10.140)