Israel Terima Kesepakatan Gencatan Senjata, Hamas Beri Sinyal Positif

Jum'at, 02 Februari 2024 - 14:57 WIB
loading...
Israel Terima Kesepakatan Gencatan Senjata, Hamas Beri Sinyal Positif
Warga Palestina menunggu menerima makanan yang dimasak dapur amal di tengah kekurangan pasokan makanan di Jalur Gaza. Foto/Ibraheem Abu Mustafa/REUTERS
A A A
DOHA - Israel telah menyetujui proposal gencatan senjata yang akan menghentikan perangnya dengan Hamas, Al Jazeera melaporkan pada Kamis (1/2/2024), mengutip Kementerian Luar Negeri Qatar.

Hamas dilaporkan memberikan tanggapan “positif” terhadap rencana tersebut.

Rencana gencatan senjata dibahas di Paris pada akhir pekan, dengan diplomat Qatar dan Mesir menjadi penengah antara Israel dan kelompok pejuang Palestina.

Delegasi dari Israel dan Palestina meninggalkan ibu kota Prancis dan berjanji mempelajari proposal tersebut dan melakukan negosiasi lebih lanjut pekan ini, dan pada Kamis malam, kesepakatan tampaknya sudah tercapai.

“Israel menyetujui proposal gencatan senjata dan kami mendapat konfirmasi positif awal dari Hamas,” ungkap juru bicara Kementerian Luar Negeri Qatar pada Kamis malam, menurut Al Jazeera.

“Kami sedang menunggu tanggapan mereka,” papar juru bicara itu.

Gencatan senjata yang diusulkan akan dilaksanakan dalam tiga tahap, menurut pernyataan Hamas yang dibagikan kepada Reuters awal pekan ini.

Fase pertama akan menghentikan pertempuran selama 40 hari ketika Hamas menyerahkan warga sipil perempuan, anak-anak, dan orang lanjut usia yang masih mereka tawan.

Selama masa ini, pengiriman makanan dan obat-obatan dalam skala besar ke Gaza akan dilanjutkan.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1119 seconds (0.1#10.140)