Siapa Alina Habba? Pengacara Cantik Donald Trump yang Paling Vokal

Kamis, 01 Februari 2024 - 15:15 WIB
loading...
Siapa Alina Habba? Pengacara Cantik Donald Trump yang Paling Vokal
Alina Habba merupakan pengacara Donald Trump yang vokal. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Salah satu elemen paling mencolok yang muncul dari persidangan pencemaran nama baik Donald Trump adalah seringnya pertengkaran antara pengacaranya, Alina Habba, dan hakim kawakan yang terkadang mempertanyakan pemahamannya mengenai hukum.

Pada usia 39 tahun, Habba telah bangkit dari seorang litigator yang kurang dikenal menjadi mewakili mantan presiden Amerika Serikat dalam beberapa kasus yang paling berbahaya secara pribadi.

Siapa Alina Habba? Pengacara Cantik Donald Trump yang Paling Vokal

1. Keturunan Irak

Siapa Alina Habba? Pengacara Cantik Donald Trump yang Paling Vokal

Foto/Reuters

Melansir BBC, berasal dari New Jersey, ia lahir dari dua orang Katolik Kaldea yang melarikan diri dari penganiayaan di Irak pada awal tahun 1980an.

Setelah lulus dari universitas, ia mengambil pekerjaan di industri fashion, bekerja di Marc Jacobs - salah satu merek terkemuka Amerika.

Dia kembali ke perguruan tinggi setelah beberapa tahun berkecimpung di industri ini, mendapatkan gelar sarjana hukum dari Universitas Widener, sebuah sekolah kecil di Pennsylvania, pada tahun 2010.

Habba sempat menjabat sebagai juru tulis untuk Hakim Pengadilan Tinggi New Jersey Eugene Codey Jr, sebelum memasuki praktik swasta, di mana dia bekerja selama beberapa tahun sebelum memulai perusahaannya sendiri pada tahun 2020.


2. Bergabung dengan Donald Trump

Kemudian dia bergabung dengan tim hukum Donald Trump.

Ibu tiga anak ini bergabung dengan tim hukumnya pada tahun 2021 setelah dilaporkan bertemu dengannya di country club di Bedminster, New Jersey, tempat firma hukumnya juga bermarkas.

Mantan presiden tersebut, yang masih bersemangat setelah kekalahannya dalam pemilu tahun 2020 dan menghadapi banyak tuntutan hukum, memilihnya dari firma hukumnya yang relatif kecil untuk menjadi pengacaranya yang paling terkenal.

3. Pembela Trump yang Paling Vokal


Sejak saat itu, Habba menjadi terkenal di masyarakat, dan menjadi pembela Habba yang paling vokal dibandingkan wakil-wakil mantan presiden lainnya.

Dia dengan cepat mendapat pujian dari miliarder tersebut setelah pekerjaannya untuknya membuat kontestan Apprentice Summer Zervos membatalkan kasus pelecehan seksualnya.

Dia juga mewakili Trump dalam gugatan senilai USD100 juta terhadap New York Times dan keponakannya Mary Trump, dan saat ini membela Trump dalam kasus penipuan perdata yang diajukan oleh Jaksa Agung New York terhadap dia dan anak-anaknya.

Dalam gugatan perdata yang diajukan oleh E Jean Carroll - yang diketahui telah diserang oleh Trump pada tahun 1990an - Habba sering bertengkar dengan Hakim Lewis Kaplan.

4. Sering Bertengkar dengan Hakim

Melansir BBC, hakim bahkan mengancamnya dengan hukuman penjara pada argumen penutup kasusnya, ketika dia mencoba memperkenalkan tweet media sosial yang belum menjadi bukti.

Setelah perdebatan sengit, Hakim Kaplan memperingatkan: "Habba, Anda hampir menghabiskan waktu di penjara, sekarang duduklah".

Ini bukan pertama kalinya dia menegur Habba karena gagal memberikan bukti dengan benar, meminta reses pada satu titik, dan menasihatinya untuk "menyegarkan ingatan Anda tentang bagaimana Anda menjadikan sebuah dokumen sebagai bukti".

Hakim juga berulang kali menyuruhnya untuk "duduk" atau diam selama argumen pengacara lawan, sepanjang kasus berlangsung, dan juga menegurnya karena tidak beranjak dari kursinya saat berpidato di pengadilan.

Dia mempertanyakan apakah dia juga memahami arti "tidak ada".

Ketika dia menolak permintaan Trump untuk menunda tanggal sidang bagi Trump untuk menghadiri pemakaman ibu mertuanya, Hakim Kaplan memberi tahu dia bahwa dia "tidak akan mendengar argumen lebih lanjut mengenai hal itu."

Dia terus menolak sampai dia membentak: "Tidak ada. Apakah kamu mengerti kata itu?"

5. Mendapatkan Cibiran Pahit

Melansir BBC, Ty Cobb, seorang pengacara Gedung Putih pada masa pemerintahan Trump, mengatakan kepada CNN bahwa perilakunya yang "mengejutkan" di ruang sidang tidak mungkin membantu kasus kliennya atau mendapatkan poin apa pun di mata hakim.

"Memalukan. Itu bukan jenis pengacara yang biasa dia lihat dan itu membuatnya frustrasi," katanya, menggambarkan pekerjaannya sebagai "liga kecil".

6. Sering Mengejak Hakim

Dia juga telah berselisih dengan para ahli hukum lainnya, dengan menyebut Hakim Arthur Engoron – seorang veteran berusia 74 tahun yang mengawasi kasus penipuan Trump di New York – “tidak tertekuk”.

Bukan berarti sikapnya menyusahkan Trump, yang memberinya pujian setelah dia berhasil membuat mantan petugas pemecah masalah, Michael Cohen, mengakui bahwa dia sebelumnya melakukan sumpah palsu di pengadilan.

7. Memiliki Kedekatan Personal dengan Trump

Sejak menjadi asisten hukum utama Trump, Habba semakin tertarik dengan Trump. Dia dikenal sering tampil di klubnya di New Jersey dan Florida.

Untuk ulang tahunnya di bulan Februari, dia memposting foto dirinya duduk di samping kuenya bersama Trump.

“Memulai tahun ini dengan para patriot yang luar biasa pada rapat umum di Texas dan Presiden terhebat sepanjang masa #45 akan segera menjadi #47,” tulis Ms Habba di Instagram. "Pria itu bermain golf, pergi ke Texas, menyampaikan pidatonya dan masih menyediakan waktu untuk memastikan saya mendapatkan kue ulang tahun."

Dia juga merupakan penasihat senior untuk MAGA Inc, komite aksi politik yang mendukung terpilihnya kembali Trump. Menurut ABC News, dia telah dibayar lebih dari $3,5 juta untuk pekerjaannya di grup tersebut.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1220 seconds (0.1#10.140)