Bisa Kalah, Pilot AS Ungkap Jet Tempur Siluman F-22 Akan Hindari Duel dengan Su-35 Rusia

Kamis, 01 Februari 2024 - 10:29 WIB
loading...
Bisa Kalah, Pilot AS Ungkap Jet Tempur Siluman F-22 Akan Hindari Duel dengan Su-35 Rusia
Miliki kelemahan dan bisa kalah, jet tempur siluman F-22 Raptor AS akan menghindari duel udara dengan jet tempur Su-35 Rusia. Foto/EurAsian Times
A A A
WASHINGTON - Jet tempur siluman F-22 Raptor Amerika Serikat (AS) akan memilih menghindari duel udara dengan jet tempur Su-35 Rusia jika berkonflik.

Hal itu diungkap Letnan Kolonel David Berke, satu-satunya pilot Marinir Amerika yang menerbangkan jet tempur siluman F-22 Raptor dan F-35 Lightning II.

Secara kelas, F-22 Raptor memang lebih unggul dari Su-35. Namun dalam kasus dogfight atau duel udara, menurut Berke, pesawat Rusia itu memiliki beberapa keunggulan dibandingkan Raptor yang mematikan.



Sukhoi Su-35 adalah pesawat tempur superioritas udara multiperan canggih yang dikembangkan dari desain flanker Su-27 yang sudah ada.

Dinamai Flanker-E oleh NATO, pesawat multiperan berkursi tunggal dan bermesin ganda ini, pada kenyataannya, dapat bermanuver super—lebih besar, lebih cepat, dan dengan kemampuan terbang lebih lama.

F-22 Raptor, di sisi lain, adalah salah satu pesawat tempur taktis tercanggih yang pernah dibuat dengan definisi kelincahan, jangkauan, dan siluman.

F-22 memiliki reputasi hampir tidak dapat dideteksi dengan kemampuan mengunci target tanpa berada dalam jangkauan visualnya berkat teknologi siluman canggih yang digunakan di pesawat tersebut. Raptor resmi diserahkan ke Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF) pada tahun 2005.

Su-35 dirancang untuk pertempuran udara dengan daya tembak eksternal yang lebih besar dibandingkan dengan F-22 Amerika, yang senjatanya disimpan secara internal.

Jet Sukhoi itu memiliki 12 cantelan untuk membawa senjata dan gudang eksternal. Empat di setiap sayap, dua di bagian bawah badan pesawat, dan satu di bawah setiap mesin.

F-22 Raptor hanya dilengkapi dengan empat cantelan eksternal di sayap untuk membawa senjata atau tangki bahan bakar, namun penggunaan cantelan ini akan memengaruhi fitur silumannya.

Kelemahan Besar Jet Siluman F-22 Raptor AS


Jet tempur F-22 Raptor buatan Lockheed Martin jauh lebih unggul dibandingkan jet tempur lainnya, namun mengapa pesawat ini tidak memiliki Infra-Red Search and Tracking (IRST) dan radar yang dipasang di pipi? Alasannya terletak pada batasan biaya avionik F-22 yang ditetapkan Angkatan Udara AS sebesar USD9 juta per pesawat yang diproduksi pada tahun 1989, demikian analisis National Interest.

Pada saat itu, desain di atas kertas menghabiskan biaya avionik lebih dari USD16 juta untuk setiap pesawat. USAF belum memberikan instruksi mengenai sistem mana yang harus dihentikan, dan keputusan ini ada di tangan pabrikan.

Hal ini menyebabkan Lockheed Martin "menjatuhkan" IRST dan radar yang dipasang di pipi, di antara berbagai sistem lainnya.

Keunggulan penting sekarang terletak pada sistem pencarian dan pengendalian penembakan inframerah Su-35 generasi keempat. Ini termasuk kamera, penanda target, pengintai laser, dan sensor inframerah.

Meskipun F-22 generasi kelima dan Su-35 generasi keempat memiliki kemampuan yang hampir sama, kemampuan dogfighting yang unggul, biaya yang jauh lebih murah, dan teknologi IRST memberi jet Rusia keunggulan dibandingkan pesawat AS.

Penelitian yang dilakukan oleh EurAsian Times dan pakar pertahanan Alex Lockie menunjukkan bahwa Raptor AS akan dirugikan jika berhadapan langsung atau saat mencegat Su-35.

Jika pertempuran udara terjadi selama misi intersepsi, para ahli percaya bahwa jet Rusia akan memiliki keuntungan besar jika F-22 Raptor "tidak terlihat" berada di depan mata.

"Ketika menerbangkan F-22, tujuan saya bukanlah untuk melakukan pertarungan sengit dengan lawan," ungkap Berke, yang dilansir EurAsian Times, Kamis (1/2/2024).

Sebaliknya, Berke mengatakan dia akan menggunakan keunggulan fitur siluman terbesar F-22 dan menghindari duel udara dalam jarak visual.

Karena F-22 dirancang untuk menjadi pesawat siluman dan memiliki penyimpanan senjata internal, Justin Bronk, pakar kekuatan tempur udara, mengatakan bahwa pesawat seperti F-22 tidak terlalu diperlukan untuk misi intersepsi dan jet lain yang lebih murah dapat melakukan pekerjaan tersebut.

Secara keseluruhan, F-22 masih menjadi salah satu jet tempur paling kuat yang tidak diekspor ke negara mana pun demi menjaga kerahasiaan fitur-fiturnya.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1205 seconds (0.1#10.140)