Tekanan Politik ke Presiden Joe Biden Menguat, Akankah AS Menyerang Iran?

Senin, 29 Januari 2024 - 14:43 WIB
loading...
A A A
Charles Lister dari Middle East Institute yang bermarkas di Washington mengatakan respons yang mungkin dilakukan adalah dengan menargetkan target penting atau militan bernilai tinggi dari kelompok yang didukung Iran di Irak atau Suriah.

“Apa yang terjadi pagi ini, berada pada tingkat yang sangat berbeda dibandingkan apa yang dilakukan oleh proksi-proksi ini dalam dua hingga tiga bulan terakhir... (tetapi) meskipun ada seruan untuk melakukan sesuatu di Iran, saya tidak melihat pemerintahan ini mengambil tindakan apa pun. umpan itu," kata Lister.

Seorang pejabat pertahanan Amerika, yang berbicara tanpa mau disebutkan namanya, mengatakan tidak jelas apa dampak tingkat kedua dan ketiga yang akan terjadi terhadap Iran.

“Kecuali AS bersiap untuk perang habis-habisan, apa gunanya menyerang Iran,” kata pejabat itu.

Namun, Lord dan para ahli lainnya mengakui bahwa Israel telah menyerang sasaran Iran di Suriah selama bertahun-tahun tanpa membujuk Iran, termasuk empat pejabat Korps Garda Revolusi Iran di Damaskus pada 20 Januari.

Amerika Serikat juga telah menyerang sasaran-sasaran yang terkait dengan Iran di luar Iran dalam beberapa bulan terakhir. Pada bulan November, militer AS mengatakan pihaknya menyerang fasilitas yang digunakan tidak hanya oleh kelompok yang didukung Iran tetapi juga oleh Korps Garda Revolusi Iran.

Namun Lister mengatakan AS telah mengincar warga Iran di luar Iran di masa lalu, seperti serangan terhadap jenderal penting Iran Qassem Soleimani pada tahun 2020, dan hanya memberikan tanggapan dalam jangka waktu terbatas.

“Jadi sampai batas tertentu, jika kita berusaha cukup keras dan cukup tinggi, kita mempunyai rekam jejak yang menunjukkan bahwa Iran bisa menjadi yang pertama,” kata Lister.

(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1326 seconds (0.1#10.140)