Tekanan Politik ke Presiden Joe Biden Menguat, Akankah AS Menyerang Iran?

Senin, 29 Januari 2024 - 14:43 WIB
loading...
Tekanan Politik ke Presiden Joe Biden Menguat, Akankah AS Menyerang Iran?
Tampilan satelit dari pos terdepan militer AS yang dikenal sebagai Tower 22, di Rukban, Distrik Rwaished, Yordania 12 Oktober 2023 dalam gambar selebaran ini. Reuters/Planet Labs PBC
A A A
WASHINGTON - Pembunuhan tiga tentara AS dan melukai puluhan lainnya pada Minggu (28/1/2024) oleh milisi yang didukung Iran menambah tekanan politik pada Presiden Joe Biden untuk memberikan pukulan langsung terhadap Iran. Pasalnya, serangan ke Iran dikhawatirkan takut memicu perang yang lebih luas.

Pilihan respons Biden dapat berkisar dari menargetkan pasukan Iran di luar hingga bahkan di dalam Iran, atau memilih serangan balasan yang lebih hati-hati hanya terhadap militan yang didukung Iran yang bertanggung jawab.

Pasukan Amerika di Timur Tengah telah diserang lebih dari 150 kali oleh pasukan yang didukung Iran di Irak, Suriah, Yordania dan lepas pantai Yaman sejak perang Israel-Hamas meletus pada bulan Oktober.

Namun hingga serangan Minggu terhadap sebuah pos terpencil yang dikenal sebagai Menara 22 dekat perbatasan timur laut Yordania dengan Suriah, serangan tersebut belum menewaskan tentara AS atau melukai banyak orang. Hal ini memberi Biden ruang politik untuk melakukan pembalasan AS, sehingga menimbulkan kerugian bagi pasukan yang didukung Iran tanpa mengambil risiko perang langsung dengan Teheran.

Biden mengatakan Amerika Serikat akan merespons, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Partai Republik menuduh Biden membiarkan pasukan Amerika menjadi sasaran empuk, menunggu hari ketika pesawat tak berawak atau rudal akan menghindari pertahanan pangkalan. Mereka mengatakan hari itu tiba pada hari Minggu, ketika sebuah drone serangan satu arah menyerang dekat barak pangkalan pada pagi hari.

Sebagai tanggapan, mereka mengatakan Biden harus menyerang Iran.

“Dia meninggalkan pasukan kita sebagai sasaran empuk,” kata Senator AS dari Partai Republik, Tom Cotton. “Satu-satunya jawaban terhadap serangan-serangan ini adalah pembalasan militer yang dahsyat terhadap pasukan teroris Iran, baik di Iran maupun di Timur Tengah.”

Anggota Partai Republik yang memimpin komite pengawasan militer AS di Dewan Perwakilan Rakyat, Mike Rogers, juga menyerukan tindakan terhadap Teheran.

“Sudah lama sekali bagi Presiden Biden untuk akhirnya meminta pertanggungjawaban rezim teroris Iran dan proksi ekstremis mereka atas serangan yang mereka lakukan,” kata Rogers.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1117 seconds (0.1#10.140)