Korut Konfirmasi Pertemuan Mendadak Dua Pemimpin Korea

Minggu, 27 Mei 2018 - 06:03 WIB
Korut Konfirmasi Pertemuan Mendadak Dua Pemimpin Korea
Korut Konfirmasi Pertemuan Mendadak Dua Pemimpin Korea
A A A
PYONGYANG - Korea Utara (Korut) menegaskan bahwa pemimpin utamanya, Kim Jong-un, bertemu dengan Presiden Republik Korea Moon Jae-in. Pertemuan kedua pemimpin Korea itu terjadi pada hari Sabtu kemarin.

Menurut Korean Central News Agency (KCNA), kantor berita Korut, pertemuan itu diadakan di sisi utara garis demarkasi antara kedua belah pihak.

"Panmunjom, tanah historis yang pernah berada di bawah sorotan global sebagai simbol perdamaian untuk memulai awal hubungan utara-selatan dan membuka era baru rekonsiliasi dan persatuan, menyaksikan pertemuan penting antara para pemimpin top utara dan selatan sekali lagi setelah 29 hari," sitir Xinhua dari KCNA, Minggu (27/5/2018).

Sebelumnya dilaporkan bahwa Kim Jong-un dan Moon Jae-in melakukan pertemuan mendadak di desa gencatan senjata Panmunjom. Pertemuan mendadak itu dilakukan dalam upaya untuk memastikan pertemuan tingkat tinggi antara Kim Jong-un dan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump berlangsung dengan sukses.

“Kedua pemimpin secara terbuka bertukar pandangan tentang mewujudkan pertemuan puncak Korea Utara-AS yang sukses dan tentang penerapan Deklarasi Panmunjom,” kata juru bicara kepresidenan Korsel dalam sebuah pernyataan seperti dilansir dari Reuters.

Namun ia tidak mengkonfirmasi bagaimana pertemuan itu diatur atau pihak mana yang memintanya.

Pertemuan ini adalah perubahan dramatis terbaru perubahan diplomatik secara tiba-tiba dalam sepekan yang mengelilingi pertemuan puncak antara AS dan Korut yang belum pernah terjadi sebelumnya. Ini sekaligus tanda terkuat bahwa kedua pemimpin Korea itu mencoba untuk mempertahankan lagi masa depan pertemuan puncak itu pada jalurnya.

Baca Juga: Mendadak, Dua Pemimpin Korea Lakukan Pertemuan
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4975 seconds (0.1#10.140)