Bagaimana Strategi Militer Hamas Melawan Israel Terus Berkembang di Gaza Selatan?

Minggu, 28 Januari 2024 - 22:22 WIB
loading...
A A A
Ke depan, Hamas dapat menggunakan strategi serupa dengan yang digunakan Israel dalam serangan udaranya di Gaza utara dan selatan, dengan mengerahkan drone kamikaze untuk menyerang pasukan Israel "sebelum konfrontasi langsung", kata Poniscjakova.

2. Menggunakan Taktik Baru

Bagaimana Strategi Militer Hamas Melawan Israel Terus Berkembang di Gaza Selatan?

Foto/Reuters

Selain meningkatkan persenjataan, Hamas juga tampaknya akan memberlakukan rencana aksi baru terhadap Israel di Gaza selatan.

“Hamas dan milisi Palestina lainnya telah beralih dari melakukan operasi yang tertunda menjadi melakukan pertahanan yang disengaja,” tulis Institute for the Study of War.

Operasi di utara bertujuan untuk memperlambat kemajuan Israel “untuk memberikan waktu bagi Hamas untuk memindahkan para pemimpin dan perlengkapan militernya dari jalur Gaza utara ke bagian selatan jalur tersebut”, tambahnya.

Kini setelah medan pertempuran berpindah ke selatan, “pergeseran taktik menunjukkan bahwa Hamas dan milisi Palestina bersiap untuk berkomitmen secara tegas dalam mempertahankan diri dari operasi darat Israel”.

Pendekatan yang lebih konfrontatif secara langsung dari Hamas mungkin muncul karena adanya kebutuhan. Jika Hamas mampu mengalihkan operasinya ke selatan ketika pertempuran berkecamuk di Gaza utara, maka kini “tidak ada tempat lain untuk melarikan diri”, kata Poniscjakova.

Hamas mungkin juga bisa beroperasi lebih berani di wilayah selatan dibandingkan di wilayah utara. Brinner mengatakan di situlah gudang amunisi dan senjata utama kelompok tersebut, dan terdapat juga dukungan rakyat yang kuat terhadap Hamas khususnya di Khan Younis, kampung halaman dua pemimpin utama kelompok tersebut di Gaza, Yahya Sinwar dan Mohammed Deif.

“Di Jalur Gaza utara, kita telah melihat Hamas beroperasi lebih seperti kekuatan gerilya – menghindari pertempuran besar, menyelinap pergi dan kemudian kembali menyerang dan menyelinap lagi,” kata Ahron Bregman, spesialis masalah keamanan di Timur Tengah. di Kings College London, dilansir France 24.

“Tetapi taktik ini mungkin berubah ketika Israel beroperasi di Jalur Gaza bagian selatan. Ada dukungan kuat Hamas di sana, sehingga mereka mungkin akan melakukan perlawanan lebih keras.” Ini bisa berarti kembalinya struktur organisasi tradisional kelompok tersebut yang terbagi menjadi “formasi batalion, brigade, dan sebagainya”, kata Bregman.

“Orang-orang Israel juga kurang mengenal Jalur Gaza selatan dibandingkan dengan Jalur Gaza utara,” kata Bregman, dan mereka semakin mendapat tekanan dari komunitas internasional untuk membatasi melonjaknya angka kematian warga sipil di Gaza.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1059 seconds (0.1#10.140)