Bagaimana Strategi Militer Hamas Melawan Israel Terus Berkembang di Gaza Selatan?

Minggu, 28 Januari 2024 - 22:22 WIB
loading...
Bagaimana Strategi Militer Hamas Melawan Israel Terus Berkembang di Gaza Selatan?
Hamas memiliki strategi khusus untuk mengalahkan tentara Israel. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Hamas , kelompok pejuang Islam di Gaza, memiliki banyak strategi dalam mengalahkan tentara Israel dalam perang, terutama di Gaza selatan.

Strategi Hamas tampak terkonsolidasi setelah gencatan senjata. Apalagi, ISW dan Proyek Ancaman Kritis American Enterprise Institute menyatakan Hamas yang bersekutu tampaknya telah meningkatkan persenjataan mereka dan menyesuaikan taktik mereka berdasarkan pembelajaran selama beberapa terakhir pertempuran di Jalur Gaza.

Bagaimana Strategi Militer Hamas Melawan Israel Terus Berkembang di Gaza Selatan?

1. Senjata yang Ditingkatkan

Bagaimana Strategi Militer Hamas Melawan Israel Terus Berkembang di Gaza Selatan?

Foto/Reuters

Salah satu perubahan yang paling menonjol adalah peningkatan penggunaan eksplosif penetrator (EFP) – bahan peledak proyektil yang dirancang untuk menembus lapis baja, bahkan ketika ditembakkan dari jarak jauh. Senjata-senjata tersebut, yang hanya digunakan dua kali pada bulan Oktober dan November, telah dikerahkan lima kali sejak 1 Desember, menurut lembaga tersebut.

"Dari tiga jenis EFP yang digunakan saat ini, yang paling umum adalah meledakkan dan meluncurkan pecahan peluru baja ke segala arah, menimbulkan dampak mematikan biasanya dalam radius 10-40 meter”, kata Alexandre Vautravers, pakar keamanan di Global Studies Institute di Universitas Jenewa, dilansir France 24.

Rincian dalam laporan ISW tidak merinci jenis EFP yang digunakan oleh Hamas, namun mengindikasikan bahwa jenis tersebut lebih cenderung merupakan jenis kedua atau ketiga yang biasa digunakan sebagai amunisi anti-tank. "Keduanya memiliki proyektil berbentuk khusus yang mampu menembus baju besi atau benteng yang sangat tebal”, kata Vautravers.

Persenjataan yang lebih tua tidak sebanding dengan sistem pertahanan Trophy Israel yang dikembangkan pada akhir tahun 2000an untuk “mencegat proyektil sebelum mengenai kendaraan lapis baja”, kata Omri Brinner, spesialis geopolitik Timur Tengah di Tim Internasional untuk Studi Keamanan (ITSS) Verona. Dia menambahkan, bagaimanapun, perlindungan seperti itu “tidak dipasang pada setiap model tank”.

Namun EFP yang lebih modern – seperti yang diperkirakan digunakan oleh Hamas – dapat “diproyeksikan dengan kecepatan hipersonik, membuat mereka mampu menembus lapis baja tanpa dicegat oleh Trophy atau sistem serupa”, kata Vautravers.

Masih ada pertanyaan mengenai bagaimana Hamas memperoleh akses terhadap persenjataan canggih yang dirancang untuk menembus sistem Israel. Menurut Institute for the Study of War, EFP yang digunakan Hamas dibuat di Jalur Gaza.

Selain amunisi anti-tank, laporan ISW juga menyertakan rekaman video yang dirilis oleh Hamas pada tanggal 2 Desember yang menunjukkan para pejuangnya menggunakan drone serang satu arah untuk menargetkan pasukan Israel di Jalur Gaza utara.

Hal ini menandai kemajuan teknis lainnya dalam kemampuan militer kelompok tersebut. “Hamas telah mengembangkan drone selama beberapa dekade dan telah menggunakannya, namun tidak pernah secara efektif dan terutama untuk tujuan pelatihan,” kata Veronika Poniscjakova, spesialis aspek militer dalam konflik Israel-Palestina di Universitas Portsmouth di Inggris.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0705 seconds (0.1#10.140)