3 Keuntungan Houthi dalam Perang Melawan AS dan Israel

Kamis, 25 Januari 2024 - 16:16 WIB
loading...
3 Keuntungan Houthi dalam Perang Melawan AS dan Israel
Houthi memiliki banyak keuntungan dalam perang melawan AS dan Israel. Foto/Reuters
A A A
SANAA - Dalam hal kekuatan militer, AS dan sekutunya seharusnya tidak memiliki masalah dalam menghancurkan kelompok Houthi yang menyerang kapal kargo di Laut Merah.

Namun ketika rudal Houthi terus mengganggu rute pengiriman dan rantai pasokan global, Amerika menyadari bahwa hanya ada sedikit pilihan yang baik untuk menghentikan Houthi. Serangan berulang kali yang dilakukan pasukan AS dan Inggris – termasuk menenggelamkan beberapa kapal Houthi – tampaknya tidak menghalangi gerakan Houthi, kelompok pemberontak Syiah di Yaman, salah satu negara termiskin di dunia yang dilanda perang.

Houthi bukanlah kekuatan militer yang besar, namun mereka tidak perlu menjadi kekuatan militer. Mereka menikmati tiga keuntungan yang memperbesar kemampuan mereka untuk menciptakan kekacauan dan menyulitkan Barat untuk menghentikannya.

3 Keuntungan Houthi dalam Perang Melawan AS dan Israel

1. Geografi

3 Keuntungan Houthi dalam Perang Melawan AS dan Israel

Foto/Reuters

Melansir Insider, alam telah menetapkan bahwa jalan pintas terbaik bagi kapal yang melakukan perjalanan antara Eropa atau pantai timur Amerika menuju India dan Asia Timur adalah Terusan Suez di Mesir, yang menghubungkan Laut Mediterania dan Samudera Hindia.

Itu sebabnya negara-negara berjuang mati-matian untuk menguasai jalur air pada Perang Dunia Pertama dan Kedua. Diperkirakan sebanyak 15% perdagangan dunia dan 20% hingga 30% kargo yang tiba di pelabuhan pantai timur AS melewati Terusan Suez sepanjang 120 mil.

Kanal ini selalu rentan, terbukti ketika kapal kontainer raksasa Ever Give kandas pada tahun 2021, sehingga mengganggu perdagangan global selama berminggu-minggu. Namun masalahnya saat ini bukanlah Terusan Suez itu sendiri, melainkan ancaman yang dihadapi kapal-kapal yang melintasi Laut Merah dan selat Bab el Mandeb (“gerbang air mata” dalam bahasa Arab), yang dibatasi oleh Eritrea dan Djibouti di sebelah barat. dan Yaman di timur.

Bab el Mandeb hanya memiliki panjang 70 mil dan lebar 20 mil, berada dalam jangkauan rudal anti-kapal darat, drone, dan bahkan howitzer yang menembakkan peluru jarak jauh. Tidak seperti kebanyakan jalan raya, tidak ada jalan pintas jika selat tersebut diblokir.


2. Teknologi

3 Keuntungan Houthi dalam Perang Melawan AS dan Israel

Foto/Reuters

Melansir Insider, senjata anti-kapal modern sangat kuat namun cukup sederhana sehingga bahkan kelompok militan pun dapat mengoperasikannya (Hizbullah menggunakan rudal jelajah C-802 buatan Tiongkok untuk merusak kapal perang Israel pada tahun 2006). Drone itu murah, dan bahkan drone kecil pun dapat menyebabkan kerusakan kecil pada kapal besar.

Kelompok Houthi memiliki beragam rudal pembunuh kapal, sebagian besar berasal dari Iran tetapi dengan model Soviet dan Tiongkok yang lebih tua, menurut Institut Internasional untuk Studi Strategis. Rudal jelajah anti-kapal termasuk P-21 Termit era Soviet dan C-801 Tiongkok (dengan jangkauan hingga 80 mil), serta Ghadir Iran (185 mil) dan Quds Z-0 (dilaporkan memiliki jangkauan hingga 500 mil). ). Houthi juga memiliki rudal balistik anti-kapal buatan Iran dengan jangkauan sekitar 300 mil, serta drone.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1488 seconds (0.1#10.140)