Uni Eropa Tuding Israel Mendanai Hamas untuk Melemahkan Otoritas Palestina

Sabtu, 20 Januari 2024 - 16:30 WIB
loading...
Uni Eropa Tuding Israel Mendanai Hamas untuk Melemahkan Otoritas Palestina
Israel dituding mendanai Hamas untuk melemahkan Otoritas Palestina yang dikuasai Fatah. Foto/Reuters
A A A
LONDON - Josep Borrell, kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa, menuduh Israel mendanai Hamas untuk "melemahkan Otoritas Palestina yang dikuasai Fatah."

Diplomat tersebut, yang telah menyiapkan 10 poin peta jalan untuk kemungkinan proses perdamaian, tidak memberikan bukti nyata untuk mendukung klaimnya.

Dalam komentar pedas yang dilontarkannya saat berpidato di Universitas Valladolid di Spanyol, Borrell juga menuduh Perdana Menteri Benjamin Netanyahu "secara pribadi" menggagalkan segala upaya untuk menyelesaikan konflik Israel-Palestina yang telah berlangsung selama beberapa dekade.

“Kabar buruknya adalah Israel, khususnya pemerintahnya, sepenuhnya menolak – dan kemarin Netanyahu mengatakannya lagi seolah-olah dia mengantisipasi kata-kata saya hari ini – untuk menerima solusi (dua negara) yang secara pribadi telah dia boikot di masa lalu. 30 tahun," kata Borrell, dilansir Europe News.

Kata-katanya yang lugas disampaikan hanya sehari setelah Netanyahu menegur seruan Washington untuk mendirikan negara Palestina setelah perang dan mengurangi serangan militer Israel di Gaza.



“Kami percaya bahwa solusi dua negara harus diterapkan dari luar untuk membawa perdamaian,” jelas Borrell.

“Tapi saya tegaskan, Israel dengan terus menolak solusi ini, sudah sampai dengan mendirikan Hamas sendiri. Ya, Hamas dibiayai oleh pemerintah Israel dalam upaya melemahkan Otoritas Palestina yang dipimpin Fatah,” imbuhnya.

Apa yang disebut solusi dua negara – yang akan memberikan status kenegaraan bagi Palestina – adalah tujuan utama yang diinginkan oleh sekutu Barat di Gaza pascaperang.

Borrell sebelumnya menggambarkan tujuan tersebut sebagai “jaminan keamanan terbaik” bagi Israel.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1060 seconds (0.1#10.140)