13 Kelompok Pejuang Sunni di Penjuru Dunia, Ada yang Sedang Berperang

Jum'at, 19 Januari 2024 - 19:01 WIB
loading...
A A A

6. Al-Shabaab (Somalia)


Al-Shabaab adalah kelompok yang beroperasi di Somalia dan wilayah sekitarnya. Kelompok ini menganut ideologi radikal.

Terlibat dalam konflik di Somalia, Al-Shabaab melancarkan serangan terhadap pasukan pemerintah, pasukan perdamaian Afrika, dan target sipil. Mereka juga terlibat dalam serangkaian serangan di Kenya.

7. Jaish-e-Mohammed atau JEM (Pakistan dan India)


Jaish-e-Mohammed adalah kelompok yang beroperasi di Pakistan dan terlibat dalam konflik di wilayah Kashmir.

JEM memiliki fokus utama pada konflik Kashmir antara India dan Pakistan. Mereka terlibat dalam serangan terhadap pasukan keamanan India dan sering kali menjadi fokus ketegangan antara kedua negara.

8. Ahrar al-Sham (Suriah)


Ahrar al-Sham adalah kelompok pejuang Sunni di Suriah dengan ideologi yang lebih moderat dibandingkan dengan beberapa kelompok lainnya.

Terlibat dalam konflik di Suriah, Ahrar al-Sham awalnya adalah bagian dari faksi-faksi oposisi yang berjuang melawan rezim Presiden Suriah Bashar al-Assad.

Meskipun demikian, kelompok itu telah berada di sisi yang berbeda dalam beberapa konflik dengan kelompok lain, seperti HTS.

9. Hamas atau Hizbullah al-Mujahidin (Palestina)


Hamas adalah kelompok Islam Sunni dengan ideologi yang mencakup tujuan pembentukan negara Palestina berdasarkan prinsip-prinsip Islam.

Terlibat dalam konflik melawan penjajahan Israel, Hamas memainkan peran sentral dalam perlawanan bersenjata dan juga memiliki sayap politik yang terlibat dalam pemerintahan Gaza.

Saat ini Hamas sedang berperang melawan Israel di Jalur Gaza. Israel telah membunuh lebih dari 24.000 warga Palestina dalam genosida di Gaza.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1158 seconds (0.1#10.140)