Kapal Jepang Penyebab Tumpahan Minyak Mauritania Lolos Cek Tahunan

loading...
Kapal Jepang Penyebab Tumpahan Minyak Mauritania Lolos Cek Tahunan
Kapal MV Wakashio menabrak karang di Riviere des Creoles, Mauritania, 10 Agustus 2020. Foto/REUTERS
A+ A-
TOKYO - Kapal Jepang yang menabrak terumbu karang di laut lepas Mauritania dan mengakibatkan kebocoran 1.000 ton minyak telah lolos pemeriksaan tahunan pada Maret tanpa masalah apapun.

Badan pemeriksaan kapal Jepang, ClassNK menjelaskan itu hari ini. Kapal MV Wakashio milik Nagashiki Shipping dan dioperasikan Mitsui OSK Lines Ltd itu menabrak karang pada 25 Juli. Kebocoran minyak akibat tabrakan itu memicu kekhawatiran terjadinya krisis ekologi di pulau Samudera Hindia itu.

Setelah mendeklarasikan status darurat, Perdana Menteri (PM) Mauritania menyatakan kapal itu sekarang sudah berhenti menumpahkan minyak tapi negara itu masih bersiap untuk skenario kasus terburuk.

“Kami akan melakukan yang terbaik untuk menyesaikan situasi ini secepatnya,” kata Mitsui OSK.



Perusahaan itu telah mengirim enam pegawai ke lokasi itu dan mempertimbangkan lebih banyak orang lagi untuk dikirim ke sana. Staf itu dites untuk virus corona sebelum dikirim ke Mauritania. (Baca Juga: Israel Tutup Perlintasan Gaza Usai Palestina Luncurkan Balon Pembakar)

Organisasi Maritim Internasional (IMO) telah bergabung upaya internasional untuk membantu Mauritania mengatasi tumpahan minyak dengan menyediakan saran teknis dan mengkoordinasikan respon. (Baca Infografis: Menilik Kemampuan 3 Jet Tempur Eropa, Dua Masuk Radar Indonesia)

Berbagai badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan organisasi internasional lain juga memobilisir para pakar lingkungan dan tumpahan minyak. (Lihat Video: Gumpalan Awan Berbentuk Gelombang Tsunami Hebohkan Warga Aceh)
(sya)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top