Israel Tutup Perlintasan Gaza Usai Palestina Luncurkan Balon Pembakar

loading...
Israel Tutup Perlintasan Gaza Usai Palestina Luncurkan Balon Pembakar
Anggota pasukan keamanan Hamas berdiri di luar perlintasan utama Kerem Shalom di selatan Jalur Gaza, 11 Agustus 2020. Foto/REUTERS
A+ A-
TEL AVIV - Israel menutup salah satu perlintasan perbatasan utama dengan Jalur Gaza setelah warga Palestina meluncurkan balon-balon pembakar yang dapat memicu kebakaran di wilayah perbatasan Israel.

Media Israel melaporkan lebih dari 30 kebakaran terjadi di sekitar kawasan perbatasan akibat balon-balon yang membawa bahan yang mudah terbakar dari Gaza.

“Perlintasan Kerem Shalom akan ditutup untuk perlintasan semua barang, dengan pengecualian masuk peralatan kemanusiaan penting dan bahan bakar,” ungkap Kementerian Pertahanan Israel.

Kerem Shalom merupakan salah satu dari tiga perlintasan perbatasan utama Gaza dengan Israel dan Mesir, tapi menjadi jalur barang utama setiap hari.

Pejabat Palestina menyatakan penutupan itu mempengaruhi material konstruksi. (Baca Juga: Rudal Taiwan Lacak dan Usir Jet-jet Tempur China)



Gaza dikelola Hamas dan diblokade penuh oleh Israel. Demi alasan keamanan, Israel menjaga kontrol ketat perbatasan darat dan laut di Jalur Gaza. (Baca Infografis: Prototipe Radar AESA Jet Tempur KF-X korsel resmi diluncurkan)

Mesir juga membatasi pergerakan masuk dan keluar Gaza berdasarkan kesepakatan dengan Israel. (Lihat Video: Seorang Nenek di Tangerang Gagalkan Aksi Penjambretan)
(sya)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top