Ini Kekuatan Militer Iran, Salah Satu Negara Islam yang Disegani Barat

Kamis, 18 Januari 2024 - 14:38 WIB
loading...
Ini Kekuatan Militer Iran, Salah Satu Negara Islam yang Disegani Barat
Kekuatan militer Iran berada di urutan ke-14 di dunia dan nomor dua di Timur Tengah. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Kekuatan militer Iran menjadi salah satu yang diperhitungkan di dunia. Tak bisa dianggap remeh, negara ini mempunya banyak tentara yang didukung juga dengan berbagai persenjataan canggih.

Iran dikenal sebagai salah satu negara Islam yang berpengaruh di kawasan Timur Tengah. Kendati kurang akur dengan sejumlah tetangganya, Teheran tetap bisa mempertahankan status dan pengaruhnya yang sudah dibangun sejak lama.

Tak hanya sebatas kawasan Timur Tengah, Iran juga cukup disegani negara-negara Barat, termasuk Amerika Serikat. Meski berulang kali mendapat ancaman atau gangguan, Teheran seakan tidak takut dan cukup percaya diri dengan kekuatannya.

Kekuatan Militer Iran


1. Peringkat Militer


Pemeringkatan Global Fire Power (GFP) 2024 menempatkan kekuatan militer Iran pada peringkat ke-14 dunia. Jika dikerucutkan berdasarkan wilayah Timur Tengah, posisinya masuk dua besar di bawah Turki.

Militer Iran memiliki skor 0,2269, mengungguli sejumlah negara kuat lainnya seperti Jerman hingga Arab Saudi.

2. Anggaran Militer dan Jumlah Tentara


Kekuatan militer Iran ditopang anggaran pertahanan yang cukup besar, sekitar USD9,9 miliar.

Negara ini memiliki 610.000 personel aktif. Selain itu, ada juga sekitar 350.000 tentara cadangan serta 220.000 pasukan paramiliter.

3. Persenjataan Darat


Angkatan Darat menjadi sektor terkuat dari militer Iran. Armada besarnya dibekali berbagai jenis persenjataan yang mumpuni.

Beberapa di antaranya adalah 1.996 tank dan 65.765 kendaraan lapis baja. Kemudian, ribuan artileri yang terdiri atas self-propelled artillery, towed artillery, dan MLRS.

4. Persenjataan Laut


Kekuatan Angkatan Laut mungkin tidak sebesar Angkatan Darat-nya. Kendati demikian, statusnya tetap penting untuk menjaga keutuhan wilayah Iran di sektor laut.

Pada berbagai jenis persenjataan yang dimiliki, Iran punya 7 kapal fregat dan 3 korvet. Selain itu, Teheran masih memiliki 19 kapal selam, 21 kapal patroli, dan 1 mine warfare.

5. Persenjataan Udara


Angkatan Udara Iran mempunyai armada kuat, yang terdiri atas berbagai jenis peralatan tempur. Ia memiliki sekitar 186 pesawat tempur, 23 pesawat serang, 86 pesawat angkut, 102 pesawat latih, 10 pesawat misi khusus, dan lebih dari 100 helikopter.

Demikianlah ulasan tentang kekuatan militer Iran.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1028 seconds (0.1#10.140)