Sosok Hassan Akasha, Tokoh Penting Hamas di Suriah yang Tewas Dibunuh Israel

Selasa, 16 Januari 2024 - 16:01 WIB
loading...
Sosok Hassan Akasha, Tokoh Penting Hamas di Suriah yang Tewas Dibunuh Israel
Hassan Akasha dikabarkan tewas dibunuh Israel. Foto/X/@Osint613
A A A
DAMASKUS - Israel memasukkan nama Hassan Akasha dalam daftar tokoh Hamas yang sudah dihabisi. Sebelumnya, klaim pembunuhan terhadap Akasha ini diungkap Pasukan Pertahanan Israel (IDF) pada awal pekan lalu, Senin (8/1/2024).

Menurut laporan Times of Israel, IDF mengatakan Akasha telah terbunuh di kota Beit Jinn, Suriah. Namun, mereka tidak menyebut secara rinci kronologi tewasnya tokoh Hamas tersebut.

Lebih jauh, siapakah sebenarnya Hassan Akasha yang disebut sebagai tokoh penting bagi Hamas ini?

Sosok Hassan Akasha


Hassan Akasha merupakan salah seorang tokoh sentral bagi kelompok Hamas. Pada tugasnya, ia diketahui lebih banyak beroperasi di Suriah.

Bagi sebagian orang, nama Hassan Akasha mungkin masih terdengar asing dalam statusnya sebagai tokoh penting Hamas.

Namanya tidak terlalu terkenal jika dibandingkan pemimpin Hamas seperti Ismail Haniyeh atau Jubir Brigade Al-Qassam Abu Ubaidah.

Kendati begitu, Akasha memiliki perannya sendiri dalam kelompok Hamas. IDF menyebutnya sebagai salah seorang pejabat Hamas di Suriah.

Pada aksi-aksinya, Akasha dianggap sebagai ahli roket Hamas. Ia bertanggung jawab atas serangan-serangan roket Hamas yang menuju wilayah Israel.

Beberapa pekan terakhir, ia disebut sebagai perencana serangan-serangan roket Hamas ke Israel bagian utara. Melihat perannya ini, tak heran apabila Israel menjadikannya sebagai salah satu target buruan.

Terbaru, Hassan Akasha dikabarkan telah tewas di tangan Israel. IDF menyebut telah membunuh tokoh penting Hamas itu di Beit Jinn, wilayah dekat Dataran Tinggi Golan.

Terkait kabar tewasnya Hassan Akasha, pihak IDF tidak menjelaskan secara rinci kronologi pembunuhannya. Di sisi lain, Hamas sendiri belum memberikan komentar apa pun terkait berita tersebut.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0870 seconds (0.1#10.140)