Rudal-rudal Iran Hujani Markas Mossad di Irak, Tewaskan Miliarder Kurdi

Selasa, 16 Januari 2024 - 09:51 WIB
loading...
Rudal-rudal Iran Hujani Markas Mossad di Irak, Tewaskan Miliarder Kurdi
Rudal-rudal Iran menghujani situs di Erbil Irak yang diklaim sebagai markas Mossad Israel. Empat orang tewas, termasuk seorang miliarder Kurdi. Foto/Rudaw
A A A
ERBIL - Rudal-rudal Iran telah menghujani situs di Erbil, Irak, yang diklaim Teheran sebagai markas mata-mata Mossad Israel. Serangan pada hari Senin ini menewaskan empat orang termasuk seorang miliarder Kurdi.

Selain Erbil, serangan rudal yang diluncurkan Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Iran itu juga menargetkan apa yang mereka klaim sebagai pangkalan kelompok ISIS di Suriah.

Gubernur Erbil Omed Khoshnaw mengecam serangan rudal Teheran, menyebutnya sebagai tindakan yang tidak manusiawi. Situs yang jadi target serangan ini berada di dekat Konsulat Amerika Serikat (AS).



“Ini adalah serangan teroris, tindakan tidak manusiawi yang dilakukan terhadap Erbil. Erbil tidak akan takut atau terguncang,” kata Khoshnaw, yang dilansir kantor berita Rudaw, Selasa (16/1/2024).

Para pejabat Kurdistan Irak mengatakan serangan rudal Iran di Erbil menewaskan empat warga sipil dan meluai enam orang lainnya.

Menurut Partai Demokrat Kurdistan, miliarder Peshraw Dizayee termasuk di antara korban tewas.

IRGC mengatakan serangannya di Suriah dan Irak sebagai pembalasan atas serangan bom baru-baru ini di Iran.

Pada 3 Januari lalu, dua ledakan menewaskan hampir 100 orang di Kerman ketika para peziarah berkumpul untuk menghormati almarhum Jenderal Qassem Soleimani, komandan Pasukan Quds IRGC yang dibunuh oleh AS pada tahun 2021.

ISIS mengaku bertanggung jawab atas dua ledakan itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1149 seconds (0.1#10.140)