China Gelar Konferensi Perdamaian Gaza

Senin, 15 Januari 2024 - 14:44 WIB
loading...
China Gelar Konferensi Perdamaian Gaza
China memainkan peranan penting dalam konflik Gaza. Foto/Reuters
A A A
GAZA - China menyerukan konferensi perdamaian berskala besar mengenai perang di Gaza .

Berbicara di Mesir pada akhir pekan, Menteri Luar Negeri China Wang Yi menyerukan perumusan jadwal dan peta jalan yang spesifik untuk penerapan solusi dua negara. Dia menyerukan dukungan untuk segera dimulainya kembali perundingan perdamaian Israel-Palestina.

Seratus hari telah berlalu sejak serangan Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober, yang memicu serangan sengit pasukan Israel di Gaza.

Wang, yang saat ini melakukan perjalanan melalui Mesir, Tunisia, Togo dan Pantai Gading, mengatakan pekan lalu bahwa Presiden Xi Jinping melakukan “komunikasi mendalam” dengan para pemimpin Arab Saudi dan Iran. Diplomat utama China juga telah mengadakan pembicaraan dengan Sekretaris Jenderal Liga Arab dan menyatakan keprihatinannya atas Laut Merah.

Pada Minggu (14/1/2024), Hamas menayangkan video yang menunjukkan tiga sandera Israel yang ditahan di Gaza dan mendesak pemerintah Israel untuk menghentikan serangan terhadap kelompok Islam Palestina dan segera membebaskan mereka.

Video berdurasi 37 detik tak bertanggal yang menampilkan Noa Argamani, 26, Yossi Sharabi, 53, dan Itai Svirsky, 38, diakhiri dengan keterangan: "Besok (Senin) kami akan informasikan nasib mereka."

Bulan lalu, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan di parlemen bahwa dia telah meminta Beijing untuk membantu membebaskan Argamani, yang ibunya Liora adalah warga China. Menderita penyakit mematikan, Liora Argamani memohon agar bisa bertemu kembali dengan putrinya sebelum dia meninggal.

Baca Juga: 6 Alasan Houthi Ingin Berperang Melawan Amerika Serikat

Dari sekitar 240 orang yang ditangkap oleh Hamas dalam pembunuhan besar-besaran di lintas perbatasan, sekitar setengahnya dibebaskan dalam gencatan senjata pada bulan November. Israel mengatakan 132 orang masih berada di Gaza dan 25 di antaranya tewas di penangkaran.

Israel juga mengatakan lebih dari 1.200 orang tewas dalam serangan Hamas pada 7 Oktober.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1612 seconds (0.1#10.140)