5 Negara Sekutu AS yang Memberikan Bantuan ke Gaza

Jum'at, 12 Januari 2024 - 21:21 WIB
loading...
5 Negara Sekutu AS yang Memberikan Bantuan ke Gaza
Banyak negara sekutu AS yang mengirimkan bantuan ke Gaza. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Bukan hanya negara Muslim dan Arab saja yang memberikan bantuan kepada warga Palestina di Gaza. Namun, banyak sekutu Amerika Serikat (AS) yang juga memberikan bantuan ke warga Gaza yang menderita karena invasi Israel sejak 7 Oktober.

Daerah kantong yang terkepung, yang dihuni 2,3 juta orang, sangat membutuhkan bantuan kemanusiaan setelah Israel memutus pasokan makanan, bahan bakar dan listrik sebelum melancarkan kampanye pengeboman.

5 Negara Sekutu AS yang Memberikan Bantuan ke Gaza

1. Uni Eropa

5 Negara Sekutu AS yang Memberikan Bantuan ke Gaza

Foto/Reuters

Prioritas utama Uni Eropa (UE) adalah memberikan sebanyak mungkin bantuan kemanusiaan ke Jalur Gaza. Itu ditegaskan Ketua Komisi Eropa Ursula von der Leyen pada Desember 2023 lalu.

Ursula von der Leyen mengatakan Eropa mengatur 28 penerbangan kemanusiaan dan mengirimkan sekitar 1.200 ton bantuan.

Von der Leyen juga menekankan perlunya upaya untuk mengatasi dampak konflik, dan mengatakan: “Tidak akan ada perdamaian kecuali ada prospek solusi politik, baik bagi Israel maupun Palestina, dan ini adalah solusi dua negara. "

Namun ketua komisi tersebut menggarisbawahi bahwa "Gaza tidak bisa menjadi tempat yang aman bagi Hamas. Hamas tidak bisa berada dalam struktur pemerintahan negara Palestina."

Dia menyarankan "Otoritas Palestina yang direformasi" yang harus memerintah Tepi Barat dan Gaza.

2. Kanada

5 Negara Sekutu AS yang Memberikan Bantuan ke Gaza

Foto/Reuters

Kanada akan memberikan tambahan bantuan kemanusiaan sebesar USD50 juta kepada warga Palestina di Jalur Gaza. Global Affairs Canada mengatakan pendanaan tersebut akan membantu menyediakan makanan, air, bantuan medis darurat, layanan perlindungan dan bantuan penyelamatan jiwa lainnya, sambil memastikan bahwa tidak ada satupun yang disalurkan ke Hamas.

“Sangat penting bagi warga sipil Palestina di Gaza yang membutuhkan bantuan penyelamatan nyawa untuk menerimanya sesegera mungkin,” kata Menteri Luar Negeri Melanie Joly dalam sebuah pernyataan.

“Kanada akan terus bekerja sama dengan mitra kemanusiaannya yang terpercaya dan berpengalaman untuk memastikan pendanaan ini menjangkau mereka yang menderita.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1093 seconds (0.1#10.140)