4 Keuntungan yang Didapat Arab Saudi dari Normalisasi dengan Israel

Jum'at, 12 Januari 2024 - 14:07 WIB
loading...
4 Keuntungan yang Didapat Arab Saudi dari Normalisasi dengan Israel
Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman. Ada empat keuntungan yang bisa diperoleh Arab Saudi dari normalisasi hubungan dengan Israel. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Arab Saudi mengaku masih tertarik untuk menormalisasi hubungan dengan Israel setelah perang di Gaza, Palestina, berakhir. Setidaknya ada keuntungan yang bisa diperoleh Riyadh dari langkah seperti itu.

Pengakuan Arab Saudi disampaikan Pangeran Khalid bin Bandar, Duta Besar Aab Saudi di London, kepada BBC.

Pangeran Khalid mengakui bahwa kesepakatan normalisasi sudah hampir tercapai, tetapi kerajaan menghentikan pembicaraan yang ditengahi Amerika Serikat setelah serangan Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober 2023.



“Bagi kami, titik akhir pasti mencakup negara Palestina yang merdeka,” katanya.

"Kami hampir mencapai normalisasi, oleh karena itu kami dekat dengan negara Palestina. Yang satu tidak akan terjadi tanpa yang lain. Urutannya, bagaimana pengelolaannya, itulah yang sedang dibahas," papar Pangeran Khalid.

Menurut sang pangeran, normalisasi masih merupakan sebuah harapan namun tidak akan mengorbankan rakyat Palestina, dan bahwa kesepakatan apa pun juga harus mengarah pada pembentukan negara Palestina.

4 Keuntungan Bisa Diperoleh Arab Saudi dari Normalisasi dengan Israel

1. Keamanan

Arab Saudi akan mendapatkan mitra keamanan baru di kawasan Timur Tengah. Israel adalah negara dengan militer yang kuat dan memiliki pengalaman dalam menghadapi ancaman terorisme.

Kerja sama keamanan antara Arab Saudi dan Israel dapat membantu kedua negara untuk menghadapi ancaman keamanan bersama, termasuk dari kelompok-kelompok teroris.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1066 seconds (0.1#10.140)