Pasukan Elite Israel Klaim Temukan Bukti Hamas Diajari Iran Bikin Rudal Canggih

Senin, 08 Januari 2024 - 11:25 WIB
loading...
Pasukan Elite Israel Klaim Temukan Bukti Hamas Diajari Iran Bikin Rudal Canggih
Pasukan elite Israel klaim telah menemukan bukti Hamas diajari Iran mengembangkan rudal jelajah canggih. Foto/IDF
A A A
GAZA - Brigade Nahal, salah satu korps pasukan elite Israel, mengeklaim telah menemukan bukti Hamas telah mengembangkan rudal jelajah canggih dengan bantuan dari Iran.

Klaim itu disampaikan Pasukan Pertahanan Israel (IDF) pada hari Minggu. Dalam siaran pers-nya, yang dikutip dari Times of Israel, Senin (8/1/2023), bukti telah ditemukan pasukan elite selama penggerebekan di lingkungan Daraj dan Tuffah di Kota Gaza.

“[IDF menemukan] komponen-komponen yang membuktikan organisasi teror Hamas diajari di bawah bimbingan Iran bagaimana mengoperasikan dan membangun komponen presisi dan senjata strategis,” kata IDF.



Di media sosial X, IDF mem-posting video seorang tentara Israel memeriksa gudang senjata dan perlengkapan sambil berbicara dalam bahasa Ibrani.

“Di bawah bimbingan Iran, agen Hamas belajar bagaimana mengoperasikan dan membangun komponen produksi rudal presisi dan senjata strategis,” bunyi keterangan video dalam posting tersebut.

Video itu menunjukkan lokasi produksi senjata yang terletak di terowongan bawah tanah sepanjang 100 meter di Daraj dan Tuffah.

Pengumuman itu muncul ketika perang Israel-Hamas memasuki bulan keempat pada hari Minggu.

Perang besar ini dimulai pada 7 Oktober ketika Hamas menyerang Israel selatan pada hari raya Yahudi; Simchat Torah.

Menurut konferensi pers hari Sabtu oleh juru bicara IDF Laksamana Muda Daniel Hagari, kerangka militer Hamas di Jalur Gaza utara telah dibongkar oleh Israel.

“Sekarang kami fokus untuk membongkar Hamas di Jalur Gaza tengah dan selatan,” jelas Hagari.

“Kami akan melakukan ini secara berbeda, menyeluruh, berdasarkan pelajaran yang telah kami petik dari pertempuran sejauh ini.”
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1034 seconds (0.1#10.140)