Menang Pemilu Tanpa Oposisi, Sheikh Hasina Jadi PM Bangladesh Kelima Kalinya

Senin, 08 Januari 2024 - 07:48 WIB
loading...
Menang Pemilu Tanpa Oposisi, Sheikh Hasina Jadi PM Bangladesh Kelima Kalinya
Sheikh Hasina menjadi Perdana Menteri Bangladesh untuk kelima kalinya setelah partainya menang pemilu yang digelar hari Minggu tanpa keikutsertaan partai oposisi. Foto/REUTERS
A A A
DHAKA - Perdana Menteri (PM) Bangladesh Sheikh Hasina memenangkan kembali pemilu yang digelar tanpa keikutsertaan partai oposisi pada hari Minggu. Dia pun kembali berkuasa sebagai PM untuk kelima kalinya.

Partai oposisi; Partai Nasionalis Bangladesh (BNP), telah memboikot pemilu setelah penangkapan massal terhadap para anggotanya. Hasina telah mencap BNP sebagai "organisasi teroris".

"Liga Awami yang dipimpin Hasina telah memenangkan pemilu," kata juru bicara Komisi Pemilihan Umum kepada AFP pada Senin (8/1/2024) pagi, setelah pemungutan suara yang menurut laporan awal hanya menghasilkan sedikit suara, yaitu sekitar 40 persen.

Pemimpin perempuan ini telah memimpin pertumbuhan ekonomi yang sangat pesat di negara yang pernah dilanda kemiskinan parah, namun pemerintahannya dituduh melakukan pelanggaran hak asasi manusia (HAM) yang merajalela dan tindakan keras terhadap oposisi.



Partainya Hasina hampir tidak menghadapi saingan yang efektif dalam perolehan kursi Parlemen yang diperebutkan, namun partai tersebut menghindari mengajukan kandidat di beberapa daerah pemilihan, sebagai upaya nyata untuk menghindari badan legislatif dicap sebagai lembaga satu partai.

BNP telah menyerukan mogok massal dan, bersama puluhan partai lainnya, menolak berpartisipasi dalam apa yang mereka sebut sebagai "pemilu palsu".

Meskipun hasil akhir dan angka pastinya akan diumumkan secara resmi pada sebuah upacara pada Senin malam, pejabat Komisi Pemilihan Umum mengatakan partainya Hasina telah memenangkan sekitar tiga perempat kursi, setidaknya 220 dari total 300 kursi Parlemen.

Namun dukungan dari anggota Parlemen lainnya termasuk dari partai-partai sekutunya dapat mendorong kendali Hasina atas Parlemen lebih tinggi lagi.

Hasina (76) menyerukan masyarakat untuk menunjukkan kepercayaan pada proses demokrasi.

“BNP adalah organisasi teroris,” katanya kepada wartawan setelah memberikan suaranya.

“Saya mencoba yang terbaik untuk memastikan bahwa demokrasi harus berlanjut di negara ini," katanya lagi.

Amit Bose (21), warga yang baru pertama kali memilih, mengatakan dia telah memberikan suaranya untuk "kandidat favoritnya", namun sebagian lainnya mengatakan mereka tidak ambil pusing karena hasilnya sudah pasti.

"Ketika satu partai berpartisipasi dan partai lainnya tidak, mengapa saya harus memilih?" kata penarik becak, Mohammad Saidur (31).

Ketua BNP Tarique Rahman, berbicara dari Inggris tempat dia tinggal di pengasingan, mengatakan kepada AFP bahwa dia khawatir “suara palsu” akan digunakan untuk meningkatkan jumlah pemilih.

“Apa yang terjadi bukanlah pemilu, melainkan aib bagi aspirasi demokrasi Bangladesh,” tulisnya di media sosial, sambil menuduh bahwa dia telah melihat “gambar dan video yang meresahkan” yang mendukung klaimnya.

Di antara para pemenang adalah Shakib Al Hasan, kapten tim kriket Bangladesh, yang memenangkan kursinya untuk partainya Hasina dengan telak, kata pejabat setempat.

BNP dan partai-partai lain melancarkan protes selama berbulan-bulan pada tahun lalu, menuntut Hasina mundur sebelum pemungutan suara.

Petugas di kota pelabuhan Chittagong membubarkan protes oposisi pada hari Minggu, menembakkan senapan dan tabung gas air mata.

Namun para pejabat pemilu mengatakan pemungutan suara sebagian besar berlangsung damai, dengan hampir 800.000 petugas polisi dan tentara dikerahkan di seluruh negeri.

Meenakshi Ganguly, dari Human Rights Watch, mengatakan pada hari Minggu bahwa pemerintah telah gagal meyakinkan pendukung oposisi bahwa pemilu akan berlangsung adil, dan memperingatkan bahwa "banyak yang takut akan tindakan keras lebih lanjut".

Politik di negara berpenduduk 170 juta jiwa ini telah lama didominasi oleh persaingan antara Hasina, putri pemimpin pendiri negara tersebut, dan perdana menteri dua kali Khaleda Zia, istri mantan penguasa militer.

Hasina telah menjadi pemenang yang menentukan sejak kembali berkuasa pada tahun 2009, dengan dua pemilu berikutnya disertai dengan banyak penyimpangan dan tuduhan kecurangan.

Zia (78) dihukum karena korupsi pada tahun 2018 dan kini berada dalam kondisi kesehatan yang buruk di sebuah rumah sakit di Dhaka. Ketua BNP Rahman adalah putranya.

Hasina menuduh BNP melakukan pembakaran dan sabotase selama kampanye protes tahun lalu, yang sebagian besar berlangsung damai namun menyebabkan beberapa orang tewas dalam konfrontasi polisi.

Pasukan keamanan pemerintah dirundung tuduhan pembunuhan di luar proses hukum dan penghilangan paksa—tuduhan yang dibantah oleh pemerintah.

Hambatan ekonomi telah membuat banyak orang tidak puas dengan pemerintahan Hasina, setelah lonjakan tajam harga makanan dan pemadaman listrik kronis selama berbulan-bulan pada tahun 2022.

Pierre Prakash dari International Crisis Group mengatakan sebelum pemungutan suara bahwa pemerintahan Hasina jelas "kurang populer dibandingkan beberapa tahun yang lalu, namun masyarakat Bangladesh hanya memiliki sedikit jalan keluar di kotak suara."

“Itu adalah kombinasi yang berpotensi berbahaya," katanya.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1807 seconds (0.1#10.140)