Menang Pemilu Tanpa Oposisi, Sheikh Hasina Jadi PM Bangladesh Kelima Kalinya

Senin, 08 Januari 2024 - 07:48 WIB
loading...
A A A
“BNP adalah organisasi teroris,” katanya kepada wartawan setelah memberikan suaranya.

“Saya mencoba yang terbaik untuk memastikan bahwa demokrasi harus berlanjut di negara ini," katanya lagi.

Amit Bose (21), warga yang baru pertama kali memilih, mengatakan dia telah memberikan suaranya untuk "kandidat favoritnya", namun sebagian lainnya mengatakan mereka tidak ambil pusing karena hasilnya sudah pasti.

"Ketika satu partai berpartisipasi dan partai lainnya tidak, mengapa saya harus memilih?" kata penarik becak, Mohammad Saidur (31).

Ketua BNP Tarique Rahman, berbicara dari Inggris tempat dia tinggal di pengasingan, mengatakan kepada AFP bahwa dia khawatir “suara palsu” akan digunakan untuk meningkatkan jumlah pemilih.

“Apa yang terjadi bukanlah pemilu, melainkan aib bagi aspirasi demokrasi Bangladesh,” tulisnya di media sosial, sambil menuduh bahwa dia telah melihat “gambar dan video yang meresahkan” yang mendukung klaimnya.

Di antara para pemenang adalah Shakib Al Hasan, kapten tim kriket Bangladesh, yang memenangkan kursinya untuk partainya Hasina dengan telak, kata pejabat setempat.

BNP dan partai-partai lain melancarkan protes selama berbulan-bulan pada tahun lalu, menuntut Hasina mundur sebelum pemungutan suara.

Petugas di kota pelabuhan Chittagong membubarkan protes oposisi pada hari Minggu, menembakkan senapan dan tabung gas air mata.

Namun para pejabat pemilu mengatakan pemungutan suara sebagian besar berlangsung damai, dengan hampir 800.000 petugas polisi dan tentara dikerahkan di seluruh negeri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0982 seconds (0.1#10.140)