Bangladesh Gelar Pemilu Tanpa Partai Oposisi

Minggu, 07 Januari 2024 - 16:56 WIB
loading...
A A A
“Saya tidak berminat ikut serta dalam sandiwara ini,” kata pekerja amal Shahriar Ahmed, 32, kepada AFP.

“Saya lebih suka tinggal di rumah dan menonton film.”

Beberapa pemilih sebelumnya mengatakan bahwa mereka diancam dengan penyitaan kartu tunjangan pemerintah yang diperlukan untuk mengakses pembayaran kesejahteraan jika mereka menolak memberikan suara untuk Liga Awami yang berkuasa.

“Mereka mengatakan karena pemerintah memberi kami makanan, kami harus memilih mereka,” kata Lal Mia, 64 tahun, kepada AFP di distrik tengah Faridpur.

BNP dan partai-partai lain melancarkan protes selama berbulan-bulan pada tahun lalu, menuntut Hasina mundur sebelum pemungutan suara.

Sekitar 25.000 kader oposisi, termasuk seluruh pimpinan lokal BNP, ditangkap dalam tindakan keras yang dilakukan, kata partai tersebut. Pemerintah menyebutkan angkanya 11.000.

Protes-protes kecil dan tersebar terus berlanjut pada hari-hari menjelang pemilu – sebuah bayangan dari ratusan ribu protes yang terjadi pada demonstrasi tahun lalu.

Komisi pemilu mengatakan hampir 700.000 petugas polisi dan tentara cadangan telah dikerahkan untuk menjaga ketertiban selama pemungutan suara bersama dengan hampir 100.000 anggota angkatan bersenjata.

Pemungutan suara akan tetap dibuka hingga pukul 17.00 waktu setempat, dengan hasil diperkirakan setelah tengah malam.

Politik di negara dengan populasi terbesar kedelapan di dunia ini telah lama didominasi oleh persaingan antara Hasina, putri pemimpin pendiri negara tersebut, dan perdana menteri dua kali Khaleda Zia, istri mantan penguasa militer.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1056 seconds (0.1#10.140)