Saleh Arouri, Sosok Penggerak Utama Keuangan Hamas yang Tewas Dibom Israel

Jum'at, 05 Januari 2024 - 15:28 WIB
loading...
Saleh Arouri, Sosok Penggerak Utama Keuangan Hamas yang Tewas Dibom Israel
Tokoh senior Hamas Saleh Arouri. Foto/REUTERS
A A A
BEIRUT - Tokoh senior Hamas Saleh Arouri tewas dalam serangan di pinggiran ibu kota Lebanon, Beirut. Kabar tersebut telah dikonfirmasi secara langsung oleh Hamas sendiri.

Arouri diduga terbunuh dalam serangan pesawat tak berawak milik Israel di Beirut. Tak hanya itu, serangan Israel tersebut juga dikabarkan memakan dua korban jiwa lain dari Brigade Al Qassam.

Lantas, seperti apakah sebenarnya sosok Saleh Arouri ini? Simak ulasannya berikut untuk mengenalnya lebih jauh.

Sosok Saleh Arouri


Lahir di kota Aroura sekitar 1966, Saleh Arouri tumbuh sebagai pemuda Palestina yang aktif dalam kegiatan perlawanan terhadap ketidakadilan. Sejak kuliah di Hebron University, ia telah bergabung dengan Ikhwanul Muslimin.

Saat Hamas muncul, Arouri langsung bergabung tak lama setelahnya. Memilih jalan perjuangan, hidupnya seringkali dihabiskan pada jeruji besi.

Seiring waktu, nama Aurori mulai dikenal luas sebagai sosok berpengalaman di Hamas. Beberapa kali, ia juga dipercaya menempati posisi-posisi strategisnya.

Sebelum tewas akibat serangan Israel, Saleh Arouri menjadi salah satu tokoh penting dari Hamas. Tak tanggung-tanggung, jabatannya adalah wakil kepala biro politik.

Melihat ke belakang, Arouri sendiri terbilang sangat senior di Hamas. Banyak pihak yang menyebut sosoknya menjadi orang nomor dua di Hamas setelah Ismail Haniyeh.

Tak hanya itu, Arouri sendiri ternyata masih memiliki banyak peranan penting dalam kelompok Hamas. Mengutip Jerusalem Post, ia diketahui menjadi salah satu pendiri sayap militer Brigade Izzudin al-Qassam.

Menurut laporan Departemen Keuangan AS, Arouri merupakan salah satu pemodal dan fasilitator keuangan utama kelompok Hamas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1115 seconds (0.1#10.140)