Siapa 3 Calon Presiden Taiwan yang Menentukan Arah Konflik dengan China?

Jum'at, 05 Januari 2024 - 14:14 WIB
loading...
A A A
Hou menentang kemerdekaan Taiwan namun enggan menyuarakan pendiriannya terhadap China dalam kampanyenya. Kurangnya kejelasan ini menuai kritik. Dia menghindari pertanyaan tentang kebijakan "Satu China" – yang hanya mengakui satu pemerintahan China, di Beijing – di forum universitas pada bulan Juni 2023, mempertanyakan kemampuannya dalam mengatur dan diplomasi yang tidak pasti.

“Hubungan kedua sisi Selat Taiwan sudah jelas. Kita tidak perlu bingung… Ini sepenuhnya berdasarkan konstitusi Republik China,” ujarnya kemudian.

Calon wakil presiden dari KMT, Jaw Shaw-kong, adalah seorang komentator politik terkenal dan pernah menjadi pemimpin Partai Baru yang beraliran kanan. Pria berusia 73 tahun ini adalah pendukung lama dan vokal “reunifikasi” Taiwan dan China.

Pada tahun 1991, Jaw ditunjuk oleh pemerintah yang dipimpin KMT untuk menjabat sebagai menteri lingkungan hidup. Dua tahun kemudian, ia ikut mendirikan Partai Baru yang pro-unifikasi, yang memisahkan diri dari KMT karena para pendirinya menganggap KMT tidak cukup pro-China.

Mr Jaw mengundurkan diri dari politik pada tahun 1996 dan mulai beralih ke karir di media. Ia terkenal karena menjadi pembawa acara acara bincang-bincang politik, yang disiarkan oleh stasiun televisi TVBS yang ramah di China daratan. Pada Februari 2021, Mr Jaw kembali ke dunia politik.

3. Ko Wen-je, TPP

Siapa 3 Calon Presiden Taiwan yang Menentukan Arah Konflik dengan China?

Foto/Reuters

Dokter unik yang berubah menjadi politisi ini – yang pernah merilis video rap trippy selama masa jabatannya sebagai Wali Kota Taipei yang mendesak warga untuk “melakukan hal yang benar” – mencap dirinya sebagai “pilihan ketiga” bagi para pemilih antara memprovokasi atau tunduk pada China.

Ketua Partai Rakyat Taiwan (TPP), Ko Wen-je telah terbukti populer di kalangan pemilih muda dan bahkan mengungguli Lai. Namun, ia tertinggal seiring berjalannya waktu, dan TPOF memperkirakan ia akan meraih 25% suara. Ratingnya turun akhir-akhir ini.

Pernah menjadi seorang ahli bedah trauma terkemuka, Mr Ko melepaskan jas putihnya untuk terjun ke dunia politik 10 tahun yang lalu. Pria berusia 64 tahun ini meraih ketenaran politik setelah memberikan dukungannya pada “Gerakan Bunga Matahari” pada tahun 2014, ketika para mahasiswa memimpin protes terhadap apa yang mereka lihat sebagai pengaruh China yang semakin besar terhadap pulau tersebut.

Melansir BBC, belakangan tahun itu, dia terpilih sebagai walikota Taipei. Meski baru berpolitik, ia mendapat dukungan dari aktivis Gerakan Bunga Matahari dan DPP. Politik Mr Ko berubah selama delapan tahun masa jabatannya sebagai walikota. Dia memperluas hubungan Taipei dengan China daratan, khususnya dengan pemerintah kota Shanghai.

Pada tahun 2019, ia membentuk TPP yang dicap sebagai alternatif DPP dan KMT. TPP memenangkan lima dari 113 kursi pada pemilu tahun 2020, menjadikannya partai terbesar ketiga di parlemen Taiwan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1539 seconds (0.1#10.140)