alexametrics

Jet Tempur F-18 AS Jatuh, Pilot Dilarikan ke Rumah Sakit

loading...
Jet Tempur F-18 AS Jatuh, Pilot Dilarikan ke Rumah Sakit
Pesawat jet tempur F/A-18E Super Hornet Angkatan Laut AS. Foto/US Navy/Seaman Weston A. Mohr/Handout/REUTERS
A+ A-
KEY WEST - KEY WEST-Sebuah pesawat jet tempur F-18 Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) jatuh di dekat Key West, Florida. Kedua awak, termasuk pilot utama berhasil mengeluarkan diri namun dibawa ke rumah sakit (RS) dengan kondisi yang belum jelas.

Kecelakaan jet tempur ini terjadi saat misi pelatihan pada hari Rabu sore waktu setempat. Demikian disampaikan komandan Angkatan Laut AS Mike Kafka.

Belum jelas apakah jet tempur itu jatuh saat mengudara atau akan mendarat.Foto-foto di media sosial menunjukkan sebuah helikopter penyelamat melayang di atas lokasi kecelakaan di Key West.

Seorang saksi mengatakan kepada Local 10 News bahwa jet tersebut terbakar sebelum jatuh kira-kira satu mil dari landasan pacu.

Juru bicara Naval Air Station Key West, Dave Hect, mengatakan, dua awak yang berada di dalam pesawat berhasil mengeluarkan diri dengan parasut.

"Saya bisa memastikan bahwa kami memiliki F/A-18 yang jatuh," kata Hecht, seperti dikutip ABC, Kamis (15/3/2018). "Upaya pencarian dan penyelamatan terus berlanjut," ujarnya.

Angkatan Laut AS belum memastikan apakah ada korban luka yang lain selain kedua awak pesawat dalam insiden ini.

Kedua awak diketahui merupakan anggota Strike Fighter Squadron 213 (VFA-213) Blacklions, sebuah unit penerbangan yang berbasis di Naval Air Station Oceana di Virginia Beach.

Insiden tersebut terjadi pada hari yang sama saat pesawat jet tempur F/A-18 Hornet, pesawat tempur multirole bermesin ganda, disambut oleh Presiden AS Donald Trump sebagai "pesawat favorit"-nya.

"F-18, pesawat favorit saya, ini adalah sebuah karya seni," kata Trump saat ia mengunjungi sebuah pabrik Boeing di Saint Louis pada hari Rabu.

"Kami hanya melihat versi yang berbeda, dan ini spektakuler," katanya lagi.

Rencana anggaran AS yang ditandatangani Trump untuk tahun 2019 menambahkan tambahan 24 jet tempur ke Angkatan Laut AS pada tahun 2019 dan total ada 110 pesawat pada tahun 2023.
(mas)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak