Pemimpin Korut Kim Jong-un Tegaskan Penyatuan Korea Mustahil

Senin, 01 Januari 2024 - 13:30 WIB
loading...
Pemimpin Korut Kim Jong-un Tegaskan Penyatuan Korea Mustahil
Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un mengikuti rapat pleno Partai Pekerja pada 26-30 Desember 2023. Foto/AP
A A A
PYONGYANG - Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un menegaskan tidak mungkin mencapai reunifikasi antara Pyongyang dan Seoul karena prinsip Korea Selatan (Korsel) bertentangan dengan prinsip negaranya.

Saat menyampaikan pidato pada pertemuan Partai Pekerja yang berkuasa, Kim mengatakan hubungan kedua negara telah menjadi “saling bermusuhan” dan tidak lagi “sehubungan dengan satu sama lain atau homogen,” menurut laporan Kantor Berita Pusat Korea (KCNA) pada Minggu (31/12/2023).

Kim menyatakan, “Pendekatan Pyongyang terhadap reunifikasi nasional berdasarkan satu bangsa dan satu negara dengan dua sistem sangat bertentangan dengan penyatuan melalui penyerapan dan penyatuan di bawah demokrasi liberal yang dilakukan Seoul.”

“Korea Selatan saat ini merupakan negara bawahan kolonial yang politiknya benar-benar rusak dan pertahanan serta keamanannya sepenuhnya bergantung pada AS,” menurut kantor berita tersebut, mengutip Kim.

Kim mengatakan Washington telah mengubah Seoul menjadi pangkalan militer dan gudang senjata nuklirnya, dan jumlah latihan militer gabungan antara AS, Korea Selatan, dan Jepang pada tahun 2023 meningkat dua kali lipat dibandingkan tahun lalu.

Dia mengatakan fakta ini “dengan jelas menunjukkan” AS bermaksud melakukan konfrontasi militer.



Kim berpendapat “perang bisa pecah” di Semenanjung Korea kapan saja karena “tindakan musuh yang sembrono.”

“Jika Washington dan Seoul mencoba melakukan konfrontasi militer dengan Pyongyang, pencegahan perang nuklirnya akan berubah menjadi tindakan yang serius tanpa ragu-ragu,” tegas Kim.

Sikap Kim tersebut menyusul pernyataan Korea Utara pada Rabu bahwa situasi militer di semenanjung Korea telah menjadi “ekstrim” karena tindakan konfrontatif yang “belum pernah terjadi sebelumnya” oleh Amerika Serikat dan sekutu regionalnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1094 seconds (0.1#10.140)