Rusia Siap Produksi Massal Rudal Antarbenua Hipersonik Sarmat

Senin, 12 Maret 2018 - 12:33 WIB
Rusia Siap Produksi Massal Rudal Antarbenua Hipersonik Sarmat
Rusia Siap Produksi Massal Rudal Antarbenua Hipersonik Sarmat
A A A
MOSKOW - Industri senjata Rusia sudah siap untuk memproduksi massal rudal balistik antarbenua (ICBM) Sarmat berkecepatan hipersonik. Kesiapan ini disampaikan Wakil Menteri Pertahanan Rusia Yuriy Borisov pada hari Senin (12/3/2018).

"Semua masalah praktis, ilmiah, teknis dan pembuatan terkait telah diatasi. Fasilitas yang diperlukan untuk pembuatan misil (Sarmat) yang diperintahkan oleh Kementerian Pertahanan, sudah siap,” kata Borisov kepada surat kabar Krasnaya Zvezda.

Pada tanggal 1 Maret, Presiden Vladimir Putin mengatakan dalam pidato kenegaraannya di hadapan Majelis Federal bahwa Rusia telah memulai produksi massal senjata dengan sistem Avangard, yang mampu menempuh jarak antarbenua di lapisan padat atmosfer dengan kecepatan lebih cepat dari Mach 20.

”Sistem Avangard, yang disebutkan oleh presiden, telah diuji dengan baik. Kami memiliki kontrak untuk produksi massal sistem ini,” kata Borisov.

Komentar itu muncul setelah militer Rusia menguji tembak rudal hipersonik Kinzhal.

Borisov menambahkan bahwa Kementerian Pertahanan akan segera memulai “pembuangan” rudal balistik antarbenua R-36M2 “Voevoda” –yang oleh NATO dinamai SS-18 Satan atau dikenal sebagai rudal Setan.

Berbicara tentang rudal hipersonik Kinzhal yang baru saja diuji tembak, Borisov mengklaim bahwa senjata terbaru Moskow itu dapat menargetkan kapal induk, kapal perusak dan kapal penjelajah musuh.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3810 seconds (0.1#10.140)