Israel Bom Seluruh Gaza, 210 Warga Palestina Tewas dalam 24 Jam

Jum'at, 29 Desember 2023 - 06:50 WIB
loading...
Israel Bom Seluruh Gaza, 210 Warga Palestina Tewas dalam 24 Jam
Orang-orang menangis di samping tempat tidur seorang warga Palestina yang terluka dalam serangan Israel di rumah sakit di Khan Younis pada 28 Desember 2023. Foto/Ahmed Zakot/REUTERS
A A A
GAZA - Sebanyak 210 warga Palestina tewas dan lebih banyak lagi yang terluka dalam 24 jam terakhir, ketika pasukan Israel melancarkan serangan udara di Jalur Gaza pada Kamis (28/12/2023).

“Pemboman Israel menghantam rumah-rumah di Beit Lahia di utara, di kamp pengungsi al-Maghazi di wilayah tengah, dan di Khan Younis di selatan,” ungkap Kementerian Kesehatan Palestina.

Beberapa anak termasuk di antara mereka yang tewas. Di Beit Lahia, dua jurnalis tewas setelah serangan udara Israel menghantam rumah mereka.

Ahmad Khair al-Din dan Mohammed Khair al-Din menjadi reporter ke-104 dan ke-105 yang dibunuh Israel di Gaza sejak 7 Oktober 2023.

Serangan baru Israel terhadap rumah sakit al-Amal di Khan Younis menewaskan 10 orang, melukai 21 orang lainnya, menurut Masyarakat Bulan Sabit Merah Palestina (PRCS).

“PRCS mengungkapkan keprihatinannya yang mendalam terhadap keselamatan stafnya yang bekerja di rumah sakit dan pusat komunitas, terutama sejak penargetan terbaru. Hari ini adalah penargetan kelima terhadap rumah sakit dan sekitarnya dalam waktu kurang dari seminggu,” ungkap PRCS di X.

“Intensifikasi pendudukan yang menargetkan sekitar Rumah Sakit al-Amal selama beberapa hari terakhir mungkin dianggap sebagai awal untuk menargetkannya secara langsung,” papar PRCS.



Amir, 28 tahun, yang mengungsi ke Rafah di Gaza selatan, mengatakan kepada Middle East Eye bahwa makanan dan air bersih menjadi sangat langka.

“Saya dan keluarga saya terpaksa meninggalkan rumah kami sebanyak tiga kali,” papar dia. “Saya yakin tidak ada wilayah yang aman atau cocok untuk kehidupan manusia di seluruh Jalur Gaza.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1214 seconds (0.1#10.140)