Kalah Perang Melawan Hamas, Jumlah Janda dan Anak Yatim di Israel Meningkat Tajam

Kamis, 28 Desember 2023 - 10:55 WIB
loading...
Kalah Perang Melawan Hamas, Jumlah Janda dan Anak Yatim di Israel Meningkat Tajam
Jumlah janda dan anak yatim di Israel meningkat tajam karena banyak tentara yang tewas dibantai Hamas. Foto/The Jerusalem Post
A A A
GAZA - “Katakan pada Tuhan, ‘Sudah cukup!’ Berapa banyak lagi anak yatim dan janda yang belum ada di sini? Itu tidak mungkin,” kata Aviya Luber pada Rabu (28/12/2023) dalam pidatonya untuk suaminya, Elisha Yehonatan Luber, 24, yang tewas dalam pertempuran di Gaza selatan.

Itu merupakan bentuk kekecewaan Luber yang sedih dan kini menyandang status janda karena suaminya tewas dibantai Hamas . Putranya pun menjadi anak yatim karena kalah perang melawan Hamas. Status Luber menjadi janda pun menambah jumlah perempuan Israel menyandang status baru tersebut.

“Yehonatan, doakan kami berhasil,” katanya saat pemakamannya di Pemakaman Militer Mount Herzl di Yerusalem. “Hubungan Anda dengan Tuhan sangatlah penting; sekarang kamu dekat dengan-Nya. Lihat apa yang terjadi di sini." ujar Luber.

“Yehonatanku, hidupku, kekasihku. Betapa Anda sangat mencintai tanah ini; seberapa sering Anda membicarakannya. Anda tidak pernah melihat apa pun di luar Israel dengan mata kepala Anda sendiri. Anda tidak akan bersedia kembali ke rumah sampai Anda menyelesaikan semuanya, bahkan berdebat dengan komandan Anda untuk menjadi orang pertama yang menjadi sukarelawan untuk bertugas di Gaza," ungkap Luber.



Hagai Luber, ayah Yehonatan, menyampaikan kata-kata terakhir putranya kepadanya: “Sebelum Yehonatan berangkat ke Gaza, dia menelepon saya. Dia mengatakan kepada saya, 'Ayah, saya siap berangkat, tapi tolong berjanjilah kepada saya bahwa Ayah akan menjaga istri dan anak saya. Itu adalah duniaku.'”

Yehonatan, anggota Batalyon 8104, sedang bertugas di Jalur Gaza selatan ketika dia terbunuh dalam pertempuran. Istri dan putranya yang berusia 10 bulan ditinggalkan dengan kekosongan yang tidak akan pernah bisa diisi, namun kenangan akan keberanian dan komitmennya akan tetap hidup selamanya.

Ratusan anggota keluarga, tentara, teman, dan kenalan menghadiri pemakaman tersebut. Luber adalah pemimpin pemuda di Yitzhar dan anggota terhormat Dewan Regional Samaria.

Yehonatan adalah sepupu Hallel dan Yagel Yaniv, yang tewas dalam serangan penembakan pejuang Palestina di Huwara sembilan bulan lalu.

Kolonel Ido Meushar, mewakili IDF, mengatakan: “Yehonatan, sepanjang pengabdian Anda, Anda bertindak dengan profesionalisme dan dedikasi. Anda melakukan setiap tugas dengan presisi dan komitmen penuh. Bahkan ketika Anda tidak diwajibkan untuk tinggal di unit Anda, Anda memilih untuk melakukannya karena rasa tanggung jawab dan kesukarelaan yang membara dalam diri Anda. Nilai-nilai Zionisme, iman, dan pembelaan terhadap rakyat dan tanah air adalah cahaya penuntun jalan Anda.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0868 seconds (0.1#10.140)