Takut Mati Dibantai Hamas, Remaja Israel Tolak Wajib Militer dan Pilih Dipenjara 30 Hari

Kamis, 28 Desember 2023 - 06:12 WIB
loading...
Takut Mati Dibantai Hamas, Remaja Israel Tolak Wajib Militer dan Pilih Dipenjara 30 Hari
Wajib militer menyebabkan banyak remaja Israel mati sia-sia dibantai Hamas. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Seorang aktivis Israel berusia 18 tahun telah dijatuhi hukuman 30 hari penjara militer setelah dia menolak untuk mendaftar menjadi tentara Israel di tengah perang Israel-Hamas yang sedang berlangsung.

“Saya percaya bahwa pembantaian tidak dapat menyelesaikan pembantaian,” kata Tal Mitnick sebelum dia masuk ke pangkalan militer Tel HaShomer, menurut sebuah video yang diposting di akun X Mesarvot, sebuah organisasi yang menghubungkan generasi muda Israel yang tidak ingin bertugas di militer negara, dilansir TIME. “Serangan kriminal di Gaza tidak akan menyelesaikan pembantaian keji yang dilakukan Hamas. Kekerasan tidak akan menyelesaikan kekerasan. Dan itulah sebabnya aku menolaknya.”

Sekelompok orang berkumpul dalam solidaritas dengan Mitnick sebelum dia memasuki pangkalan militer di mana dia akan ditangkap pada hari Selasa. Hukuman penjaranya dapat diperpanjang melewati 30 hari pertama jika dia kembali menolak untuk wajib militer.

Keputusan tersebut diambil di tengah masa keputusasaan warga Gaza yang masih menjadi sasaran bom dan serangan pasukan Israel hampir 12 minggu setelah perang dimulai. Lebih dari 20.000 warga Palestina telah terbunuh, menurut angka yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan Gaza yang dikelola Hamas pada hari Jumat. Laporan PBB juga memperingatkan bahwa lebih dari setengah juta orang di Gaza menderita kelaparan, dan risiko kelaparan meningkat setiap hari.



“Pada tanggal 7 Oktober, masyarakat Israel mengalami trauma yang tidak pernah terjadi dalam sejarah negara tersebut…Setelah serangan teroris, kampanye balas dendam dimulai tidak hanya terhadap Hamas, tetapi terhadap seluruh rakyat Palestina,” kata Mitnick dalam pernyataan yang dibagikan oleh jurnalis The Intercept, Prem Thakker. “Saya menolak untuk percaya bahwa lebih banyak kekerasan akan membawa keamanan, saya menolak untuk mengambil bagian dalam perang balas dendam.

Refusenik, atau orang-orang yang menolak untuk bertugas di militer, bukanlah hal yang umum di Israel, meskipun terdapat pemberitaan mengenai perbedaan pendapat pada tahun-tahun sebelum perang yang sedang berlangsung. Awal tahun ini, ratusan remaja Israel menolak bergabung dengan tentara sebagai cara untuk memprotes rencana pemerintah melakukan perombakan hukum yang menurut mereka akan mengubah negara tersebut menjadi negara yang tidak demokratis.

“Kita harus menghentikan perombakan peradilan dan kita harus berhenti mengambil bagian dalam militer yang melayani permukiman dan pendudukan,” kata Mitnick pada bulan September, sebelum perang dimulai.

Hukum Israel mewajibkan semua warga negara Israel yang berusia di atas 18 tahun yang beragama Yahudi, Druze, atau Sirkasia untuk bertugas di Pasukan Pertahanan Israel (IDF), dengan beberapa pengecualian bagi orang Arab Israel, wanita beragama, pasangan menikah, atau orang yang tidak sehat secara medis atau mental. Beberapa orang Yahudi ultra-ortodoks, seperti Yahudi Haredi, juga dikecualikan dari wajib militer

Laki-laki diharapkan mengabdi minimal 32 bulan, sedangkan perempuan harus mengabdi minimal 24 bulan.

Israel memiliki salah satu militer terbesar di dunia, Neraca Militer 2023 dari Institut Internasional untuk Studi Strategis mengatakan terdapat hampir 170.000 personel militer aktif, meskipun tentara memiliki ratusan ribu lagi cadangan yang dapat mereka bawa sebagai bantuan tambahan.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1027 seconds (0.1#10.140)