Perang Gaza Akan Berlanjut hingga Beberapa Bulan Mendatang, Apa Pemicunya?

Rabu, 27 Desember 2023 - 15:56 WIB
loading...
Perang Gaza Akan Berlanjut hingga Beberapa Bulan Mendatang, Apa Pemicunya?
Perang antara Israel dan Hamas diprediksi akan berlangsung selama beberapa bulan mendatang. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Perang Israel terhadap Hamas akan berlangsung berbulan-bulan mendatang. Apalagi, banyak serangkaian insiden di luar Jalur Gaza sehingga memicu risiko penyebaran konflik.

Kepala Staf Israel Herzi Halevi mengatakan perang di perbatasan Gaza bahwa perang akan berlangsung “selama berbulan-bulan”.

“Tidak ada solusi ajaib, tidak ada jalan pintas dalam membongkar organisasi teroris, yang ada hanyalah perjuangan yang gigih dan penuh tekad,” kata Halevi, dilansir Reuters. “Kami juga akan menghubungi kepemimpinan Hamas, apakah itu memerlukan waktu seminggu atau berbulan-bulan," imbuhnya.

Serangan Israel meningkat menjelang Natal, khususnya di wilayah tengah di selatan jalur air musiman yang membagi dua Jalur Gaza. Tentara Israel memerintahkan warga sipil untuk meninggalkan daerah tersebut, meskipun banyak yang mengatakan tidak ada lagi tempat yang aman untuk dituju.

“Kami sangat prihatin dengan berlanjutnya pemboman di Gaza Tengah oleh pasukan Israel, yang telah merenggut lebih dari 100 nyawa warga Palestina sejak Malam Natal,” kata juru bicara Kantor Hak Asasi Manusia PBB Seif Magango.

“Pasukan Israel harus mengambil semua tindakan yang ada untuk melindungi warga sipil. Peringatan dan perintah evakuasi tidak membebaskan mereka dari seluruh kewajiban hukum kemanusiaan internasional," jelas Magango.

Israel bertekad untuk menghancurkan Hamas meskipun ada seruan global untuk melakukan gencatan senjata dalam perang yang telah berlangsung selama 11 minggu tersebut.

Sejak Hamas membunuh 1.200 orang dan menyandera 240 orang pada 7 Oktober, yang merupakan hari paling mematikan dalam sejarah Israel. Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu telah merespons dengan serangan yang telah menghancurkan sebagian besar wilayah Gaza yang dikuasai Hamas.



Otoritas kesehatan Palestina mengatakan hampir 21.000 orang tewas dalam serangan Israel, dan ribuan lainnya dikhawatirkan terkubur di bawah reruntuhan. Hampir seluruh penduduk di wilayah kantong yang berjumlah 2,3 juta jiwa itu telah diusir dari rumah mereka, berkali-kali.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1135 seconds (0.1#10.140)