Daftar 4 Negara yang Diduga Jadi Sekutu Houthi Yaman

Senin, 25 Desember 2023 - 22:53 WIB
loading...
Daftar 4 Negara yang Diduga Jadi Sekutu Houthi Yaman
Iran, Suriah, Korea Utara, dan Oman diduga menjadi sekutu Houthi Yaman. Namun tak satu pun dari empat negara tersebut mengakuinya. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Houthi, yang secara resmi dikenal sebagai Ansar Allah, adalah kelompok pemberontak yang terlibat perang saudara dengan pasukan pemerintah Yaman.

Kelompok ini telah menjadi pemberitaan media internasional setelah gencar menyerang kapal-kapal komersial di Laut Merah sebagai pembelaan terhadap rakyat Palestina di Gaza yang dibombardir Israel.

Asal-usul dan Ideologi Houthi


Houthi muncul pada tahun 1990-an di Saada, Yaman. Kelompok ini berdiri dengan dipimpin oleh Hussein Badr al-Din al-Houthi, seorang ulama dan politisi Syiah Zaydi.



Zaydisme adalah cabang Islam Syiah dengan keyakinan dan praktik yang berbeda dibandingkan dengan Syiah arus utama. Kelompok Houthi menekankan keadilan sosial, anti-imperialisme, dan perlawanan terhadap penindas.

Politik dan Kekuatan Militer Houthi


Sejak 2004, Houthi terlibat dalam konflik bersenjata dengan pasukan pemerintah Yaman, dengan tuduhan marginalisasi dan korupsi oleh rezim pemerintah.

Mereka saat ini menguasai sebagian besar wilayah utara Yaman, termasuk Ibu Kota Yaman, Sanaa.

Mereka memiliki kekuatan militer yang lengkap, termasuk rudal balistik dan drone, yang digunakan untuk melawan pasukan pemerintah Yaman dan koalisi Arab pimpinan Arab Saudi--pendukung pemerintah Yaman yang diakui internasional.

4 Negara yang Diduga Sekutu Houthi


Iran secara luas dituduh sebagai sekutu Houthi, meski keduanya sama-sama menyangkal. Selain Iran, Suriah, Korea Utara, dan Oman juga diduga menjadi sekutu Houthi—meski tak ada konfirmasi resmi dari ketiga negara tersebut.

Houthi telah terlibat dalam perang proksi dengan Arab Saudi, yang memimpin Koalisi Arab melawan mereka.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1203 seconds (0.1#10.140)