Pasukan Elite Israel Brigade Golani Ditarik Mundur dari Gaza, Apa Artinya?

Jum'at, 22 Desember 2023 - 10:20 WIB
loading...
Pasukan Elite Israel Brigade Golani Ditarik Mundur dari Gaza, Apa Artinya?
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu bersama para tentara dari Brigade Golani. Foto/X
A A A
GAZA - Tentara Israel pada Kamis menyatakan mereka menarik Brigade Golani keluar dari Jalur Gaza. Apa artinya? Apa maksudnya Israel menarik keluar unit Golani dari Gaza?

Hanya sehari setelah pengumuman tentara Israel yang menyatakan mereka telah mencapai 'kontrol operasional' di lingkungan Shejaiya di Gaza, tentara Israel pada Kamis menyatakan mereka menarik Brigade Golani keluar dari Jalur Gaza.

Apakah Kedua Peristiwa Ini Saling Terkait?


Ya. Israel membuat pengumuman mereka telah mencapai semacam kendali atas Shejaiya untuk mengurangi keterkejutan atas berita bahwa pasukan tempur paling elitnya telah dikalahkan, sehingga memaksa mereka mundur lebih awal.

Siapa Sebenarnya yang Ditarik Keluar?


Al-Jazeera dan jaringan berita lainnya mengutip tentara Israel yang mengatakan Brigade Golani sedang ditarik keluar, sementara yang lain mengatakan unit-unit tertentu di Golani dan unit militer elit lainnya sedang ditarik.

Apakah Ini Penting?


Tidak. Bagaimanapun juga, mundurnya militer Israel dari Gaza mencerminkan kerugian besar yang diderita para pejuang utama Israel di tangan Perlawanan Palestina yang semakin kuat dan semakin besar.

Apa itu Brigade Golani?


Pakar militer Mayjen Fayez Duwairi mengatakan kepada Al-Jazeera bahwa Brigade Golani adalah salah satu pasukan paling khusus militer Israel, yang terdiri dari delapan batalyon yakni empat batalyon tank, dua batalyon infanteri, satu batalyon penerjun payung, satu batalyon artileri, serta perbekalan dan operasi pemeliharaan.

Brigade ini dibentuk pada Februari 1948 selama pembersihan etnis oleh Zionis di Palestina. Mereka telah berpartisipasi dalam semua perang besar Israel melawan negara-negara Arab.

Pada tahun 2014, Brigade Golani menderita kerugian besar di lingkungan Shejaiya. Pertempuran Shejaiya saat ini dimaksudkan untuk mengirimkan pesan kuat bahwa Golani telah berhasil mengatasi rintangan Shejaiya.

Namun, yang terjadi justru sebaliknya, karena Brigade Golani telah kehilangan puluhan petinggi dan perwiranya yang memaksa mundurnya pasukan yang diumumkan pada Kamis.

Shejaiya merupakan wilayah dengan banyak pejuang pemberani Gaza berasal. Menurut sejarah, tak ada kerajaan dan kekuatan militer besar mana pun di dunia, dari Romawi hingga Inggris yang mampu bertahan menghadapi perlawanan pejuang di kawasan itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1712 seconds (0.1#10.140)