India Tes Rudal Berkemampuan Nuklir, Pakar: Ditujukan ke China

Jum'at, 09 Februari 2018 - 03:18 WIB
India Tes Rudal Berkemampuan Nuklir, Pakar: Ditujukan ke China
India Tes Rudal Berkemampuan Nuklir, Pakar: Ditujukan ke China
A A A
BEIJING - India berhasil menguji coba rudal berkemampuan nuklir, Prithvi-II, pada Rabu lalu. Pakar China menilai, tes rudal oleh New Delhi itu ditujukan kepada Beijing sebagai musuh.

Seorang pejabat pertahanan India seperti dikutip Press Trust of India (PTI), uji coba rudal surface-to-surface itu berlangsung di negara bagian Odisha.

”Peluncuran rudal India yang sering dilakukan ditujukan ke China. India menganggap China sebagai musuhnya yang tidak adil karena China tidak pernah menganggap India sebagai ancaman,” kata Hu Zhiyong, seorang peneliti di Institute of International Relations di Akademi Ilmu Sosial Shanghai, kepada Global Times yang dilansir Jumat (9/1/2018).

”China tidak mencari perlombaan senjata di Asia. Perekonomian India masih terbelakang dan China berharap untuk menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan tersebut di samping India,” kata Hu.

Menurut laporan PTI, rudal Prithvi-II memiliki jangkauan serangan 350 kilometer dan mampu membawa 500 sampai 1.000 kilogram hulu ledak.

Peluncuran tersebut dilakukan setelah tes rudal Agni-5 pada 18 Januari dan tes rudal Agni-1 pada hari Selasa lalu.

Ahli militer yang berbasis di Beijing, Song Zhongping, rudal Prithvi menggunakan panduan gabungan yang membuat ketepatannya lebih tinggi dari rudal seri Agni. Prithvi, kata dia, mampu membawa senjata nuklir atau pun hulu ledak biasa.

Song mengatakan rudal Prithvi lebih praktis digunakan dalam konflik militer.

Sementara itu, China pada hari Senin melakukan uji coba sistem pertahanan mid-course yang berbasis darat. Kementerian Pertahanan China mengonfirmasi sehari sesudahnya.

Menurut Song, sistem rudal anti-pesawat China pasti mampu mencegat rudal India, tidak peduli apakah itu seri Agni atau Prithvi.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3891 seconds (0.1#10.140)