Jerman Akan Kerahkan 4.800 Tentara ke Dekat Rusia, Pertama Kalinya Sejak Perang Dunia II

Selasa, 19 Desember 2023 - 14:17 WIB
loading...
Jerman Akan Kerahkan 4.800 Tentara ke Dekat Rusia, Pertama Kalinya Sejak Perang Dunia II
Jerman akan kerahkan 4.800 tentara secara permanen ke Lithuania, negara NATO yang berdekatan dengan Rusia. Ini akan jadi yang pertama bagi Jerman sejak Perang Dunia II. Foto/REUTERS
A A A
VILNIUS - Jerman akan mengerahkan sekitar 4.800 tentara secara permanen ke Lithuania, negara Baltik yang berdekatan dengan Rusia. Pengerahan tentara ke luar negeri ini akan menjadi yang pertama kalinya bagi Berlin sejak Perang Dunia II.

Rencana pengerahan ribuan tentara itu merupakan hasil dari perjanjian baru antara Jerman dan Lithuania, yang keduanya merupakan sekutu NATO.

Pengumuman tentang perjanjian itu dibuat pada hari Senin di Lithuania, di mana Menteri Pertahanan Arvydas Anusauskas bertemu dengan Menteri Pertahanan Jerman Boris Pistorius.

Keduanya menguraikan "Roadmap Action Plan" multi-tahun yang melibatkan sekitar 4.800 tentara Jerman untuk ditempatkan secara permanen. Kedua pejabat tersebut menyebut langkah tersebut sebagai momen bersejarah tidak hanya bagi negara mereka tetapi juga bagi NATO.



Pasukan Jerman, termasuk mereka yang memiliki keluarga, akan ditempatkan di kota Kaunas dan Vilnius di Lithuania mulai tahun 2024, dengan sebagian besar pasukan dikerahkan pada tahun 2025 dan 2026 dan kemampuan operasi penuh diharapkan pada tahun 2027.

Pada gilirannya, Lithuania telah berkomitmen untuk menyediakan semua infrastruktur sipil dan militer yang dibutuhkan pasukan Jerman.

Perjanjian tersebut awalnya diumumkan pada bulan Juni, namun tidak ada batas waktu yang diberikan pada saat itu.

“Komitmen Jerman untuk menempatkan brigade secara permanen di Lithuania merupakan langkah bersejarah bagi Jerman dan Lithuania,” kata Anusauskas pada Senin, menurut siaran pers Kementerian Pertahanan setempat, seperti dikutip Newsweek, Selasa (19/12/2023).

“Kami beralih ke halaman kemitraan strategis yang lebih dalam.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1259 seconds (0.1#10.140)