Ukraina: Rusia Tak Sengaja Tembak Jatuh Tempur Su-25 Miliknya Sendiri

Selasa, 19 Desember 2023 - 08:33 WIB
loading...
Ukraina: Rusia Tak Sengaja Tembak Jatuh Tempur Su-25 Miliknya Sendiri
Militer Ukraina klaim pasukan Rusia tak sengaja menembak jatuh jet tempur Su-25 miliknya sendiri. Foto/Business Insider/Sargey Venyafsky
A A A
KYIV - Militer Ukraina mengeklaim pasukan Rusia secara tidak sengaja telah menembak jatuh salah satu jet tempur Su-25 miliknya sendiri.

Menurut militer Kyiv, jet tempur itu menjadi korban insiden "friendly-fire" pasukan Moskow di wilayah Zaporizhzhia pada hari Minggu.

Komandan Angkatan Udara Ukraina Mykola Oleshchuk mengatakan di Telegram bahwa pasukan Kyiv tidak bertanggung jawab atas jatuhnya pesawat tempur yang berharga tersebut.



"Saya dapat dengan yakin menyatakan bahwa bukan pertahanan udara Ukraina yang menembak jatuh pesawat tempur Su-25 Rusia! Ini jelas merupakan tindakan terkoordinasi dari pasukan anti-pesawat Rusia, yang karenanya seluruh rakyat Ukraina mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya!" kata Oleshchuk, seperti dikutip Business Insider, Selasa (19/12/2023).

Para blogger militer Rusia mengonfirmasi bahwa pesawat tempur tersebut memang milik Moskow, namun mengatakan bahwa pesawat tersebut jatuh karena cuaca buruk.

Su-25 adalah jet tempur yang digunakan untuk mendukung serangan darat. Karena terbang pada ketinggian yang relatif rendah, pesawat ini rentan terdeteksi oleh sistem pertahanan udara, dan banyak yang ditembak jatuh dalam perang.

Jika klaim militer Ukraina benar, maka ini bukanlah kasus pertama jatuhnya pesawat tempur Rusia dalam insiden "friendly-fire".

Pada bulan September, intelijen Inggris mengatakan bahwa Rusia telah menembak jatuh salah satu jet tempur canggih Su-35 miliknya di dekat Tokmak, Ukraina timur.

Militer Moskow belum berkomentar atas klaim Ukraina terkait jatuhnya jet tempur Su-25 Rusia di Zaporizhzhia pada hari Minggu.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1030 seconds (0.1#10.140)