Jelang Pembukaan Olimpiade, Korut Gelar Parade Militer

Kamis, 08 Februari 2018 - 15:06 WIB
Jelang Pembukaan Olimpiade, Korut Gelar Parade Militer
Jelang Pembukaan Olimpiade, Korut Gelar Parade Militer
A A A
SEOUL - Korea Utara (Korut) benar-benar mewujudkan rencananya untuk menggelar parade militer. Parade militer ini dilakukan sehari jelang upacara pembukaan Olimpiade Musim Dingin digelar di PyeongChang, Korea Selatan (Korsel).

Parade militer yang dilakukan di Kim Il-sung Square tersebut diikuti oleh 10 ribu tentara yang telah berlatih sebelumnya mengikuti parade ini. Sementara warga Korut yang berada di plaza di sekitar Ibu Kota Korut, Pyongyang, diajarkan menggunakan karangan bunga untuk digunakan dalam mengeja slogan selamam parade.

Seorang pejabat pemerintah Korea Selatan (Korsel) mengatakan puluhan ribu orang berpartisipasi atau menyaksikan pawai yang dihelat pada Kamis pagi itu seperti dilansir dari laman Time, Kamis (8/2/2018).

Pejabat tersebut mengatakan bahwa tidak diketahui apakah Korut akan menampilkan senjata strategis seperti rudal balistik antar benua selama parade tersebut. Pejabat itu tidak mau disebut namanya, dengan alasan peraturan kantor.

Korut mengatakan parade tersebut akan menandai peringatan 70 tahun berdirinya militer mereka. Sebelumnya, parade tahunan diadakan pada tanggal 25 April selama bertahun-tahun. Namun pemerintah mengumumkan bulan lalu bahwa mulai tahun ini akan berlangsung pada tanggal 8 Februari.

Kritikus telah menuduh Pyongyang melakukan penjadwalan ulang parade militer untuk menghancurkan atmosfer Olimpiade Musim Dingin. Namun hal itu dibantah Pyongyang dan menyebutnya sebagai tuduhan keji, sembari mencatat bahwa tentara reguler Korut dibentuk pada 8 Februari tujuh dekade yang lalu.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4521 seconds (0.1#10.140)