Malu Kalah Perang dengan Hamas, PM Netanyahu Disarankan Ubah Nama Operasi Pedang Besi

Senin, 18 Desember 2023 - 09:56 WIB
loading...
Malu Kalah Perang dengan Hamas, PM Netanyahu Disarankan Ubah Nama Operasi Pedang Besi
Tentara Israel mengalami banyak kekakalahan dalam perang melawan Hamas. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu sedang mempertimbangkan untuk mengubah nama Operasi Pedang Besi menjadi nama lain. Itu dikarenakan tentara Israel terus mengalami kekalahan dalam perang Gaza.

Menurut sumber-sumber pemerintah, Netanyahu membahas masalah ini dalam rapat Kabinet, dengan alasan bahwa “‘Pedang Besi’ adalah nama sebuah operasi, bukan nama perang.”

Di antara opsi lainnya, menurut laporan Michael Shemesh di Kan 11, Netanyahu sedang mempertimbangkan nama-nama seperti Perang Gaza, Perang Simchat Torah, dan Perang Genesis.



Sumber yang dekat dengan Netanyahu menegaskan bahwa "dia tertarik pada nama yang akan dikenal publik dan internasional, dan bahwa perang tersebut akan dikenang sebagai perang yang signifikan, dan bukan hanya sebuah operasi."

Perlu dicatat bahwa mengubah nama dari operasi menjadi perang bukanlah suatu tindakan yang tidak biasa. Operasi Perdamaian Galilea pada tahun 1982 berubah menjadi Perang Lebanon dan dikenal dengan nama tersebut saat ini.

Demikian pula dengan Perang Lebanon Kedua pada tahun 2006 yang awalnya dimulai sebagai "Operasi Remisi Adil" dan kemudian berganti nama menjadi "Operasi Perubahan Arah" sebelum akhirnya secara resmi diberi nama Perang Lebanon Kedua pada akhirnya.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1461 seconds (0.1#10.140)