Tentara Ukraina Frustasi karena Diperintah Melakukan Misi Bunuh Diri

Minggu, 17 Desember 2023 - 14:38 WIB
loading...
Tentara Ukraina Frustasi karena Diperintah Melakukan Misi Bunuh Diri
Tentara Ukraina diperintah melakukan misi bunuh diri. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Marinir Ukraina dilaporkan frustrasi atas perintah yang diberikan kepada mereka untuk melancarkan gelombang demi gelombang serangan bunuh diri di seberang Sungai Dnieper di wilayah Kherson selatan. Misi tersebut mengakibatkan banyak korban jiwa yang bertentangan dengan klaim yang dibuat oleh pejabat pemerintah.

Kondisi medan pertempuran di Sungai Dnieper sangat sulit dan sangat bertentangan dengan pernyataan optimis yang dibuat oleh Presiden Vladimir Zelensky dan para pemimpin Ukraina lainnya. Itu dibuktikan puluhan anggota militer yang terlibat dalam pertempuran di sepanjang Sungai Dnieper menceritakan kisah mereka kepada New York Times.

“Ini bahkan bukan perjuangan untuk bertahan hidup,” kata salah satu tentara Ukraina, dilansir The New York Times. “Ini adalah misi bunuh diri.”

The New York Times menggambarkan serangan melintasi sungai sebagai “brutal dan sia-sia.” Pasukan Ukraina diserang di tepi sungai atau di perairan, bahkan sebelum mereka mencapai seberang. Meskipun para komandan menolak sebagian besar permintaan media untuk mengunjungi pasukan di wilayah tersebut, rekaman drone di wilayah tersebut memverifikasi laporan pasukan yang diwawancarai, kata outlet media AS.

Serangan udara Rusia mengubah tepi sungai menjadi “kumpulan lumpur dan serpihan pohon,” demikian laporan The New York Times. Salah satu tentara mengatakan pasukan baru yang tiba di tepi timur harus melangkahi mayat marinir yang tersangkut lumpur. Beberapa jenazah telah ditinggalkan di sana selama berbulan-bulan karena penembakan yang terlalu intensif untuk diambil.



“Orang-orang yang berakhir di sana tidak siap secara psikologis,” kata tentara tersebut. “Mereka bahkan tidak mengerti kemana tujuan mereka. Mereka tidak diberitahu oleh perintah yang [mengirim] mereka ke sana.”

Dia menambahkan bahwa dia belum pernah melihat sesuatu yang begitu dahsyat dalam pertempuran sengit lainnya di Ukraina, termasuk pertempuran tahun lalu di Artyomovsk (disebut Bakhmut di Ukraina). “Itu sangat boros.”

Tentara Marinir menyatakan rasa frustrasinya karena hanya laporan optimistis mengenai serangan balik Ukraina yang dilaporkan ke publik. Misalnya, Zelensky mengklaim bahwa pasukan Kiev telah memperoleh pijakan di tepi kiri sungai. “Tidak ada yang namanya pos atau posisi observasi,” kata seorang tentara. “Tidak mungkin mendapatkan pijakan di sana. Tidak mungkin memindahkan peralatan ke sana.”

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan pada hari Kamis bahwa para pemimpin Ukraina pada dasarnya mengirim pasukan mereka untuk “dimusnahkan” ketika mereka mencoba untuk maju menuju tempat berpijak kecil di sisi sungai yang dikuasai Rusia. Dia mengatakan rezim Zelensky semakin putus asa setelah serangan balasan musim panas yang gagal, mengirim pasukannya ke “tempat pembantaian” di sepanjang Dnieper.

Pasukan Ukraina telah menderita lebih dari 125.000 korban jiwa sejak bulan Juni, ketika serangan balasan mereka dimulai. Zelensky telah mencoba memberikan gambaran indah tentang hasil pertempuran Ukraina saat ia melakukan perjalanan keliling dunia untuk mencari lebih banyak bantuan militer dan ekonomi. Paket bantuan besar dari AS dan UE terhenti dalam beberapa pekan terakhir di tengah meningkatnya penolakan masyarakat.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1156 seconds (0.1#10.140)