5 Kekuatan Terowongan Hamas, dari Tahan terhadap Banjir dan Menampung Mobil

Minggu, 17 Desember 2023 - 21:21 WIB
loading...
5 Kekuatan Terowongan Hamas, dari Tahan terhadap Banjir dan Menampung Mobil
Hamas mengklaim terowongan Gaza memiliki banyak keunggulan. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Terowongan Gaza menjadi kekuatan utama Hamas dalam perang melawan Israel. Banyak tentara Israel dibantai dengan mudah oleh Hamas karena strategi terowongan. Hamas pun mengaku tidak takut dengan upaya membanjiri terowongan dengan air laut.

Terowongan Gaza juga menjadi pengubah permainan yang tangguh sehingga memperkuat posisi Hamas di mata pasukan Israel.

Berikut Adalah 5 Kekuatan Terowongan Hamas

1. Dibangun Insinyur dan Ahli Teknik Terowongan Terbaik

5 Kekuatan Terowongan Hamas, dari Tahan terhadap Banjir dan Menampung Mobil

Foto/Reuters

Seorang juru bicara Hamas Osama Hamdan mengatakan kelompok itu telah membangun terowongannya untuk menahan kemungkinan upaya memompa air ke dalamnya.

“Terowongan tersebut dibangun oleh para insinyur terlatih dan terdidik yang mempertimbangkan semua kemungkinan serangan dari pendudukan, termasuk pemompaan air,” kata Hamdan pada konferensi pers di ibu kota Lebanon, Beirut, dilansir The National News.

Namun terowongan tersebut juga berperan sebagai jalur kehidupan ekonomi bagi penduduk Gaza, mengangkut orang, barang dan kadang-kadang bahkan makanan cepat saji Amerika di tengah blokade 17 tahun yang diberlakukan oleh Israel dan Mesir.

Terowongan secara historis digunakan sebagai alat peperangan. Mereka digunakan oleh Perancis pada periode antar perang, oleh Al Qaeda di pegunungan Afghanistan dan oleh Viet Cong di hutan-hutan Asia Tenggara.


2. Unik dan Kedalamannya Mencapai Puluhan Meter

Namun, terowongan Hamas unik. "Terowongan sangat inovatif dalam kedalamannya, dalam kecanggihannya, dalam penambangannya, dalam perangkapnya,” kata Danny Orbach, sejarawan militer di Universitas Ibrani Yerusalem.

Struktur bawah tanah tersebut diduga dibangun di bawah sebagian besar Jalur Gaza – wilayah padat penduduk yang merupakan rumah bagi lebih dari 2 juta orang – dan menurut beberapa perkiraan mencapai beberapa ratus kaki di bawah tanah.

3. Mampu Menampung Mobil

Terowongan Hamas bisa cukup besar untuk menampung pejuang dewasa, persenjataan, barang dan bahkan mobil, menurut para ahli dan rekaman yang dirilis oleh kelompok tersebut. Ada yang diperkuat dengan dinding semen tebal atau dipisahkan dengan pintu besi, dan tidak semuanya tersambung.

4. Tahan terhadap Upaya Israel Membanjiri Terowongan

5 Kekuatan Terowongan Hamas, dari Tahan terhadap Banjir dan Menampung Mobil

Foto/Reuters

Skala uji coba yang dilakukan militer Israel tidak jelas: berapa banyak air dan berapa banyak tekanan yang digunakan untuk membanjiri terowongan atau bahkan terowongan mana yang menjadi sasarannya.

Agar operasi berhasil, tekanan yang digunakan untuk memompa air ke dalam terowongan harus cukup tinggi agar tidak hanya menghancurkan dinding semen, tetapi juga pintu besi tebal yang memisahkan beberapa di antaranya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1121 seconds (0.1#10.140)