Mantan Analis CIA: Perang Gaza Segera Berakhir jika AS Hentikan Bantuan Militer ke Israel

Sabtu, 16 Desember 2023 - 14:36 WIB
loading...
Mantan Analis CIA: Perang Gaza Segera Berakhir jika AS Hentikan Bantuan Militer ke Israel
Tentara Israel mengandalkan bantuan AS dalam perang Gaza. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Seorang mantan analis di agen mata-mata AS CIA Larry Johnson mengatakan agresi Israel terhadap Jalur Gaza akan segera berakhir jika Washington menghentikan aliran senjata ke rezim pendudukan.

Berbicara kepada Press TV, Larry Johnson mengecam Amerika Serikat karena “memungkinkan” Israel membunuh warga sipil selama perang berdarah di Jalur Gaza yang terkepung.

“Jika Amerika menghentikan pengiriman amunisi, bom dan artileri dan mengatakan kepada Israel bahwa kami akan menghentikan bantuan ekonomi Anda, perang akan berhenti,” katanya.

Namun, tambahnya, penangguhan transfer senjata ke Israel “bukanlah pilihan yang layak” secara politik karena pengaruh lobi Israel di AS, AIPAC, dan dukungan yang diperoleh rezim tersebut dari Partai Demokrat dan Republik.

AS, sekutu setia Israel, memberikan lebih dari USD3 miliar bantuan militer kepada rezim tersebut setiap tahunnya.



Mereka telah menawarkan dukungan tanpa batas bagi Israel sejak 7 Oktober, ketika entitas perampas itu mengobarkan perang brutal di Gaza menyusul operasi bersejarah yang dilakukan oleh kelompok perlawanan Hamas Palestina.

Israel dilaporkan menjatuhkan lebih dari 22.000 bom yang dipasok AS di Gaza dalam enam minggu pertama perang berdarah di wilayah Palestina.

Sejak dimulainya serangan, rezim Tel Aviv telah menewaskan sedikitnya 18.608 warga Palestina, sebagian besar perempuan dan anak-anak, dan melukai 50.594 lainnya.

Johnson mengatakan bahwa warga Palestina “sedang menuju kepunahan” di Gaza karena Israel menargetkan dan menghancurkan rumah sakit dan sekolah, serta infrastruktur penting untuk pembuangan limbah dan air di wilayah yang terkepung.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1198 seconds (0.1#10.140)