Gempur Gaza, Israel Dapat 2 Pukulan Telak: Kekalahan Terburuk dan Isolasi Diplomatik

Rabu, 13 Desember 2023 - 23:14 WIB
loading...
Gempur Gaza, Israel Dapat 2 Pukulan Telak: Kekalahan Terburuk dan Isolasi Diplomatik
Israel menerima dua pukulan telak dalam kampanye militernya di Jalur Gaza. Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
JALUR GAZA - Israel mendapatkan sekaligus dua pukulan telak di tengah kampanye perang membabi butanya di Jalur Gaza . Negara Zionis itu harus menerima kenyataan menderita kerugian pertempuran terburuk dalam kampanye militer selama lebih dari sebulan di Jalur Gaza dan menghadapi isolasi diplomatik yang semakim besar ketika kematian warga sipil meningkat dan bencana kemanusiaan memburuk.

Israel mengumumkan kekalahan terburuk dalam pertempuran selama lebih dari sebulan pada Rabu (13/12/2023) setelah penyergapan di reruntuhan Kota Gaza.

Dilansir dari Reuters, Israel melaporkan sepuluh tentaranya tewas dalam 24 jam terakhir, termasuk seorang kolonel yang memimpin pangkalan dan seorang letnan kolonel yang memimpin resimen. Ini merupakan kerugian satu hari terburuk sejak 15 orang tewas pada 31 Oktober.



Militer Israel mengatakan sebagian besar korban tewas terjadi di distrik Shejaiya di Kota Gaza di utara, di mana tentara disergap saat mencoba menyelamatkan sekelompok tentara lain yang menyerang pejuang di sebuah gedung.

Hamas mengatakan insiden tersebut menunjukkan bahwa pasukan Israel tidak akan pernah bisa menaklukkan Gaza.

"Semakin lama Anda tinggal di sana, semakin besar pula kerugian dan kematian Anda, dan Anda akan keluar dari sana dengan membawa kekecewaan dan kerugian, Insya Allah," kata Hamas.

Israel melancarkan kampanyenya untuk memusnahkan kelompok militan Hamas yang menguasai Gaza dengan simpati global setelah para pejuangnya menyerbu pagar perbatasan pada 7 Oktober, menewaskan 1.200 warga Israel, sebagian besar warga sipil, dan menyandera 240 orang.

Namun sejak saat itu, pasukan Israel mengepung daerah kantong tersebut dan menghancurkan sebagian besar wilayah tersebut, dengan lebih dari 18.000 orang dipastikan tewas menurut otoritas kesehatan Palestina, dan ribuan lainnya dikhawatirkan tertimbun reruntuhan atau di luar jangkauan ambulans.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1352 seconds (0.1#10.140)