Apakah Geert Wilders Akan Menutup Semua Masjid Jika Terpilih sebagai PM Belanda?

Rabu, 13 Desember 2023 - 12:39 WIB
loading...
Apakah Geert Wilders Akan Menutup Semua Masjid Jika Terpilih sebagai PM Belanda?
Geert Wilders, politisi anti-Islam yang pernah berjanji menutup semua masjid di Belanda jika terpilih sebagai perdana menteri. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Ya, Geert Wilders telah berjanji untuk menutup semua masjid di Belanda jika dia terpilih menjadi Perdana Menteri (PM). Dia juga telah berjanji untuk melarang Al-Qur'an dan melarang penggunaan hijab di ruang publik.

Wilders adalah seorang politisi sayap kanan yang dikenal karena retorika anti-Islamnya. Dia pemimpin Dutch Freedom Party (PVV) atau Partai untuk Kebebasan, partai pemenang pemilu Belanda baru-baru ini.

Dia telah lama menjadi pendukung kebijakan "de-Islamisasi" di Belanda.

Janji Wilders untuk menutup semua masjid di Belanda tak hanya disampaikan dalam kampanyenya, tapi juga muncul dalam manifesto seruan “de-Islamisasi” Belanda.

Baca Juga: Calon PM Belanda Ini Bersumpah Tutup Semua Masjid dan Larang Al-Qur'an

“The Netherlands is ours again (Belanda milik kita lagi),” demikian judul manifesto yang diluncurkannya pada 2016 silam.

Manifesto itu berisi satu halaman dengan 11 poin. Beberapa poin dokumen manifesto Wilders antara lain seruan penutupan semua masjid dan sekolah Islam, larangan kitab suci Al-Qur'an, dan larangan masuk bagi imigran asal negara-negara Islam.

Melarang hijab atau pun jilbab di depan umum juga diusulkan dalam manifesto tersebut. ”Serta larangan semua ekspresi Islam yang melanggar ketertiban umum,” bunyi salah satu poin manifesto Wilders.

Wilders berpendapat, semua langkah-langkah dalam usulannya itu untuk menyelamatkan uang negara sebesar 7,2 miliar Euro (USD 8 miliar).

“PVV memerangi Islam, ingin menutup perbatasan Uni Eropa dan (menyelamatkan) miliaran (dana) sehingga kita bisa memberikan lagi kepada orang-orang,” kata Wilders dalam sebuah pernyataan saat itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1043 seconds (0.1#10.140)