UE Masih Buka Kesempatan Inggris Batalkan Brexit

Selasa, 16 Januari 2018 - 21:23 WIB
UE Masih Buka Kesempatan Inggris Batalkan Brexit
UE Masih Buka Kesempatan Inggris Batalkan Brexit
A A A
BRUSSELS - Para pemimpin Uni Eropa (UE) menyatakan masih memberikan kesempatan kepada Inggris untuk membatalkan Brexit. Mereka meminta Inggris untuk memperimbangkan kemungkinan untuk menggelar referendum kedua untuk membatalkan Brexit.

Presiden Dewan Eropa, Donald Tusk menyatakan, Eropa akan tetap menerima Inggris, jika mereka memutuskan untuk membatalkan Brexit dan memutuskan tetap bertahan bersama UE.

"Brexit akan menjadi kenyataan, dengan segala konsekuensi negatifnya, pada bulan Maret tahun depan, kecuali ada perubahan hati di antara teman-teman Inggris kita. Kami di benua ini belum memiliki perubahan hati. Hati kita masih terbuka untukmu," kata Tusk, seperti dilansir Reuters pada Selasa (16/1).

Hal yang sama juga disampaikan oleh Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker, yang menyatakan dia berharap apa yang disampaikan oleh UE bisa terdengar oleh London dan dapat merubah pendirian mereka.

"Dia (Tusk) mengatakan bahwa pintu kami masih terbuka, saya harap ini terdengar di London," ungkap Juncker dalam sebuah pernyataan.

Perdana Menteri Inggris, Theresa May sendiri sebelumnya telah mengesampingkan kemungkinan adanya referendum mengenai, yang mungkin saja akan membatalkan keputusan Inggris untuk meninggalkan UE.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4736 seconds (0.1#10.140)