Saudi Kecam Pencegatan 2 Pesawat Sipil UEA oleh Jet Tempur Qatar

Selasa, 16 Januari 2018 - 20:07 WIB
Saudi Kecam Pencegatan 2 Pesawat Sipil UEA oleh Jet Tempur Qatar
Saudi Kecam Pencegatan 2 Pesawat Sipil UEA oleh Jet Tempur Qatar
A A A
RIYADH - Pemerintah Arab Saudi angkat bicara mengenai laporan pencegatan pesawat komersil Uni Emirat Arab (UEA) oleh jet tempur Qatar. Jet tempur Qatar tersebut dilaporkan dua kali mencegat pesawat komersil UEA.

Dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Xinhua pada Selasa (16/1), Kementerian Luar Negeri Saudi menyatakan kecaman keras atas pencegatan pesawat komersil UEA oleh jet tempur Qatar.

"Tindakan tersebut merupakan ancaman terhadap keamanan penerbangan sipil dan melanggar hukum dan konvensi internasional yang relevan," kata Kementerian Luar Negeri Saudi dalam sebuah pernyataan.

Seperti diketahui, kemarin kantor berita milik negara UEA, WAM melaporkan intersepsi atau pencegatan pesawat sipil yang pertama terjadi pada hari Senin. Laporan itu mengutip Otoritas Penerbangan Sipil setempat.

Tak berselang lama, WAM kembali melaporkan pencegatan pesawat penumpang yang kedua oleh jet tempur Qatar terjadi saat sedang dalam perjalanan ke Bahrain. Namun, laporan itu tidak disertai rincian jam dan nama pesawat yang terlibat.

Pemerintah Qatar sendiri sejatinya telah membantah tudingan tersebut.“Negara Qatar mengumumkan bahwa klaim pesawat tempur Qatar yang mencegat pesawat sipil UEA benar-benar salah. Sebuah pernyataan rinci akan menyusul,” kata juru bicaa Kementerian Luar Negeri Qatar, Lulwah al-Khater.

Bantahan Qatar seperti mendapat dukungan dari Amerika Serikat (AS). Komando Pusat AS, yang berbasis di Pangkalan Udara al-Udeid di Qatar, mengatakan tidak memiliki laporan tentang insiden pencegatan yang melibatkan pesawat komersial di wilayah tersebut.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3029 seconds (0.1#10.140)