Mengenal Rakhine Rohingya, Persentase Agama dan Etnis

Senin, 11 Desember 2023 - 14:39 WIB
loading...
A A A
Dilansir dari laman hrw, akibat kekerasan yang dialami, lebih dari 700.000 etnis Rohingya melarikan diri dari Myanmar ke negara-negara tetangga, terutama Bangladesh, yang menampung sekitar 900.000 pengungsi Rohingya di kamp-kamp darurat.

Pengungsi Rohingya juga tersebar di negara-negara lain, seperti Malaysia, Indonesia, Thailand, India, Pakistan, dan Arab Saudi. Namun, di negara-negara tersebut, pengungsi Rohingya juga menghadapi tantangan dan kesulitan, seperti penolakan, diskriminasi, eksploitasi, dan ketidakpastian.

Upaya-upaya untuk menyelesaikan krisis Rohingya masih terus berlangsung, baik di tingkat nasional maupun internasional. Pemerintah Myanmar dan Bangladesh telah sepakat untuk melakukan repatriasi pengungsi Rohingya secara sukarela, aman, dan bermartabat.

Namun, proses ini mengalami kendala dan keterlambatan karena ketidakpercayaan dan ketakutan pengungsi Rohingya terhadap pemerintah Myanmar.Di sisi lain, komunitas internasional juga menekan pemerintah Myanmar untuk menghentikan kekerasan, mengakui hak-hak etnis Rohingya, dan mengadili pelaku pelanggaran hak asasi manusia.

(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1240 seconds (0.1#10.140)