Mengenal Kekuatan Militer Yaman, Siap Gempur Pertahanan Israel

Senin, 11 Desember 2023 - 14:30 WIB
loading...
Mengenal Kekuatan Militer Yaman, Siap Gempur Pertahanan Israel
Houthi menggelar parade militer untuk memperingati pengambilalihan kekuasaan di Sanaa, Yaman, 21 September 2023. Foto/REUTERS
A A A
SANAA - Pasukan militer Yaman telah menggunakan apapun yang mereka miliki untuk menyerang Israel sebagai bentuk solidaritas terhadap rakyat Palestina yang berada di jalur Gaza.

Terlebih Menteri Penerangan Pemerintah Penyelamat Nasional Yaman Dhaifullah al-Shami menekankan Angkatan Bersenjata negara tersebut sepenuhnya siap menghadapi segala kemungkinan skenario militer rezim kolonial Israel.

Hal itu ditegaskan setelah Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan rezimnya akan bertindak secara militer terhadap negara Arab tersebut jika Amerika Serikat gagal melakukannya.

Lantas seberapa kuat pasukan militer Yaman? Berikut adalah ulasan kekuatan militer Yaman.

Kekuatan Militer Yaman


Dilansir dari laman Global Fire Power, kekuatan militer Yaman di tahun 2023 berada di peringkat 74 dari 145 negara dengan skor power index mencapai 1,3985. Dengan pencapaian skor tersebut dapat dinilai jika kekuatan militer Yaman terbilang stabil.

Dari sisi personel, Yaman adalah negara yang memiliki jumlah penduduk mencapai lebih dari 30 juta orang.

Yaman memiliki jumlah personel militer mencapai 420.000 dengan jumlah personel aktif 45.000 orang dan paramiliter 357.000 prajurit dan tanpa adanya personel cadangan.

Selanjutnya, dari sisi kekuatan udara, kekuatan militer Yaman didukung kendaran tempur udara yang mumpuni. Yaman memiliki 177 unit pesawat yang terbagi menjadi beberapa jenis pesawat.

Jumlah tersebut terdiri dari 76 unit pesawat tempur, 8 pesawat angkutan, 30 pesawat latihan, 2 pesawat misi khusus, 61 helikopter dan 14 di antaranya helikopter serang.

Di sisi kekuatan darat, kekuatan militer Yaman didukung dengan adanya 100 kendaran tank, 4.800 kendaraan lapis baja, 10 artileri gerak sendiri, 40 artileri tarik dan 25 artileri roket.

Tak berhenti sampai di situ, Yaman pun memiliki kendaraan laut yang siap digunakan untuk perang. Yaman mempunyai 35 kapal yang terbagi menjadi 2 korvet, 15 kapal patroli dan 3 kapal jenis perang ranjau.

Dalam menanggapi ancaman serangan yang dilakukan Israel terhadap Yaman, tentara negara itu telah memperingatkan mereka akan mencegah lewatnya semua kapal yang menuju wilayah pendudukan di Laut Merah.

Militer Yaman juga menekankan Israel akan menjadi target yang sah jika mereka melewati perairan teritorial negara tersebut.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0887 seconds (0.1#10.140)