Siapa Keluarga Terkaya di Dunia? Berikut Daftarnya

Minggu, 10 Desember 2023 - 23:23 WIB
loading...
Siapa Keluarga Terkaya di Dunia? Berikut Daftarnya
House of Nahyan dinobatkan sebagai keluarga terkaya di dunia. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Daftar Keluarga Terkaya di Dunia 2023 versi Bloomberg, yang diterbitkan awal pekan ini, mengungkapkan bagaimana distribusi kekayaan global diubah oleh kekayaan minyak.

Berdasarkan pemeringkatan tersebut, House of Nahyan, keluarga Presiden Emirat Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan, yang pertama kali bergabung dalam daftar tersebut, muncul sebagai dinasti terkaya di dunia. House of Nahyan berasal dari Abu Dhabi di mana tempat di mana sebagian besar cadangan minyak UEA ditemukan. Kekayaan keluarga penguasa Uni Emirat Arab itu diperkirakan mencapai USD305 miliar.

Keluarga terkaya kedua adalah keluarga Walton yang berbasis di AS, yang memiliki bisnis ritel terbesar di dunia berdasarkan pendapatan, Walmart. Perkiraan kekayaan mereka berjumlah USD259,7 miliar.

Yang berada di posisi tiga teratas adalah dinasti Hermes Prancis, yang memiliki merek fesyen mewah dengan nama yang sama. Perkiraan kekayaan House of Hermes adalah USD150,9 miliar.



Keluarga Mars, yang memiliki perusahaan makanan raksasa asal AS, adalah keluarga terkaya keempat, dengan kekayaan gabungan sebesar USD141,9 miliar.

Pendatang baru lainnya – House of Al Thanis, keluarga kerajaan Qatar – menempati posisi kelima dalam peringkat tersebut dengan perkiraan USD155 miliar. Kekayaan para bangsawan didasarkan pada cadangan minyak lepas pantai Qatar yang sangat besar. Namun Al Thanis juga memiliki aset asing yang signifikan, seperti label fesyen Valentino.

Sepuluh teratas juga mencakup keluarga Koch, pemilik perusahaan petrokimia AS Koch Industries (USD127,3 miliar), dan House of Saud, keluarga kerajaan Arab Saudi, eksportir minyak terbesar di dunia (USD112 miliar). Mereka diikuti oleh keluarga Ambani, pemilik perusahaan minyak India Reliance Industries (USD89,9 miliar); keluarga Wertheimers, pemilik rumah mode Prancis Chanel (USD89,6 miliar); dan keluarga Thompson, pemegang saham mayoritas di kantor berita Reuters (USD71,1 miliar).

Menurut perhitungan Bloomberg, kekayaan gabungan dari 25 keluarga terkaya di dunia telah tumbuh sebesar USD1,5 triliun selama setahun terakhir, atau sekitar 43%. Badan tersebut juga mencatat bahwa tiga keluarga Teluk yang termasuk dalam peringkat tersebut “kemungkinan jauh lebih kaya daripada perkiraan konservatif ini.”

Keluarga Rusia tidak masuk dalam pemeringkatan. Menurut Bloomberg Billionaires Index, orang terkaya Rusia adalah kepala Interros dan pemilik raksasa pertambangan Norilsk Nickel, Vladimir Potanin, dengan kekayaan USD30 miliar. Dia peringkat ke-49.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1000 seconds (0.1#10.140)